Perusahaan di Kotim diminta bantu pelihara jalan

id Perusahaan di Kotim diminta bantu pelihara jalan, kalteng, Bupati kotim, halikinnor, Irawati, Fajrurrahman, Sampit, kotim, kotawaringin Timur

Perusahaan di Kotim diminta bantu pelihara jalan

Salah satu lokasi jalan yang dilintasi rombongan Bupati Halikinnor saat kunjungan kerja ke Desa Tumbang Boloi Kecamatan Telaga Antang, Sabtu (15/1/2022). ANTARA/Norjani

Sampit (ANTARA) - Bupati Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah Halikinnor meminta perusahaan besar yang ada di daerah itu untuk membantu memelihara jalan agar tetap fungsional dan nyaman dilewati. 

"Kalau jalan rusak dan tidak bisa dilewati maka distribusi kebutuhan pokok ke daerah pelosok terganggu dan harganya menjadi naik, maka masyarakat kita yang semakin terbebani. Jalan juga sangat penting untuk kelancaran perekonomian," kata Halikinnor saat kunjungan kerja di Desa Tumbang Boloi Kecamatan Telaga Antang, Sabtu. 

Halikinnor menghadiri undangan masyarakat Desa Tumbang Boloi yang menggelar syukuran memperingati Hari Jadi ke-69 Kabupaten Kotawaringin Timur sekaligus acara ritual membayar hajat oleh masyarakat setempat. 

Halikinnor didampingi Wakil Bupati Irawati, Sekretaris Daerah Halikinnor serta sejumlah kepala satuan organisasi perangkat daerah. Bupati juga meluangkan waktu untuk mendengar aspirasi dari masyarakat. 

Salah satu yang menjadi aspirasi masyarakat adalah peningkatan jalan karena sebagian rusak padahal sangat dibutuhkan untuk kelancaran aktivitas perekonomian masyarakat. 

Halikinnor mengapresiasi bantuan perusahaan besar setempat yang peduli membantu merawat jalan agar tetap fungsional atau bisa dilewati. Berdasarkan laporan Camat Telaga Antang Rusmanto, ada sembilan perusahaan besar swasta yang selama ini turut membantu memelihara jalan. 

Pemerintah daerah berharap perusahaan tidak hanya ikut memanfaatkan jalan, tetapi juga ikut merawat agar jalan tetap bisa dilewati. Perusahaan bisa membantu dengan mengoperasikan alat berat mereka untuk meratakan jalan di titik-titik yang mengalami kerusakan. 

Baca juga: Masyarakat pelosok Kotim minta kemudahan akses telekomunikasi

Halikinnor juga menyampaikan informasi bahwa pemerintah provinsi berjanji mengucurkan dana hingga Rp650 miliar untuk peningkatan jalan dengan sistem pembiayaan multi years atau tahun jamak selama tiga tahun. 

Proyek peningkatan jalan itu diantaranya berada di jalan poros wilayah utara. Realisasi proyek tahun jamak tersebut nantinya diharapkan membuat jalan di wilayah utara yang meliputi Kecamatan Parenggean, Mentaya Hulu, Antang Kalang, Telaga Antang, Tualan Hulu dan Bukit Santuai menjadi bagus sehingga aktivitas perekonomian masyarakat semakin lancar. 

"Kita doakan mudah-mudahan tidak ada perubahan sehingga terlaksana sesuai harapan. Di musim pandemi COVID-19 ini terkadang anggaran bisa dipotong dan dialihkan untuk penanganan COVID-19. Mudah-mudahan saja pemotongan anggaran itu tidak terjadi lagi seiring terus melandainya penyebaran COVID-19," kata Halikinnor. 

Sementara itu terkait keinginan masyarakat membuka jalan sepanjang tujuh kilometer dari Desa Tumbang Boloi menuju Tumbang Sepayang, Halikinnor meminta masyarakat membuat jalan rintisan terlebih dahulu. Selanjutnya dibuat administrasi terkait hibah lahan masyarakat untuk pembangunan jalan itu. 

"Setelah itu, nanti pemerintah daerah akan meningkatkan jalannya. Masyarakat harus ikhlas tanahnya dihibahkan untuk pembangunan jalan. Jangan sampai nanti sudah dibuat jalan, ribut lagi. Ini demi kepentingan bersama," demikian Halikinnor. 

Baca juga: Kotim dapat alokasi terbesar dana proyek tahun jamak perbaikan jalan

Baca juga: Perpanjangan izin PAUD dianggap memberatkan, Bupati Kotim beri kemudahan

Baca juga: Bupati Kotim perintahkan jemput bola vaksinasi lansia