Warga Palangka Raya diminta tingkatkan kewaspadaan terhadap kebakaran

id Anggota DPRD Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Noorkhalis Ridha, DPRD Kota Palangka Raya, DPRD, Kota Palangka Raya, Kalteng

Warga Palangka Raya diminta tingkatkan kewaspadaan terhadap kebakaran

Kebakaran yang diduga menghanguskan sekitar 10 bangunan ruko di Jalan Rajawali Kota Palangka Raya terjadi pada hari Sabtu (29/1/2022). ANTARA/Adi Wibowo

Palangka Raya (ANTARA) - Anggota DPRD Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Noorkhalis Ridha mengingatkan sekaligus meminta kepada masyarakat di kota setempat untuk meningkatkan kewaspadaan terkait bahaya kebakaran pemukiman.

"Sudah sulit di tengah pandemi COVID-19 seperti sekarang ini mencari nafkah, jangan sampai bahaya musibah kebakaran menimpa warga kita. Mari tingkatkan kewaspadaan terkait hal tersebut," kata Ridha di Palangka Raya, Senin.

Anggota Komisi A DPRD Kota Palangka Raya itu juga mengingatkan kepada masyarakat, agar lebih meningkatkan kewaspadaan terhadap bahaya yang bisa menimpa masyarakat kapan saja.

Salah satunya masyarakat wajib mengkroscek sejumlah perabotan rumah tangga yang bisa menjadi sumber api, hingga bisa melalap bangunan rumah seperti pemasak nasi listrik, kompor, instalasi listriknya serta lain sebagainya.

"Pastikan peralatan perabot rumah tangga itu mati ketika rumah ditinggal dalam keadaan kosong, karena hal tersebut menjadi salah satu antisipasi agar kebakaran tidak akan terjadi," ucapnya.

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Amanat Nasional (PAN) Kota Palangka Raya itu juga menambahkan, selain meningkatkan kewaspadaan apabila instalasi listrik di rumah setempat sudah dalam kondisi lapuk atau tua.

Baca juga: DPRD minta pemerintah lebih tegas terhadap THM berulang langgar prokes

Tidak ada salahnya untuk diganti, guna menghindari hal negatif yang menimpa pemilik rumah. Karena selama ini banyaknya kasus kebakaran di kota setempat, kebanyakan dugaannya akibat korsleting listrik.

"Setidaknya kita sudah menghimbau kepada seluruh masyarakat yang ada di Kota Palangka Raya, dan apa yang kita sampaikan setidaknya bertujuan menjauhkan warga kita terkena musibah kebakaran, yang setiap tahunnya selalu terjadi di daerah setempat," ungkapnya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, baru-baru ini musibah kebakaran terjadi di wilayah Kelurahan Bukit Tunggal Kecamatan Jekan Raya Jalan Rajawali Km 5. Sekitar 10 rumah langsung toko milik warga hangus terbakar dan perkiraan penyebabnya masih dalam penyelidikan pihak kepolisian setempat.

Baca juga: DPRD Palangka Raya dukung penuh penerapan tilang elektronik