Anggota BPD di Kecamatan Lahei ikuti bimtek peningkatan SDM

id bimtek anggota bpd lahei,kecamatan lahei,anggota bpd,barito utara ,palangka raya

Anggota BPD di Kecamatan Lahei ikuti bimtek peningkatan SDM

Kepala Dinas Sosial PMD Barito Utara Eveready Noor didampingi Camat Lahei Rusihan dan pendamping anggota BPD saat memberikan arahan kepada anggota BPD yang akan mengikuti bimtek peningkatan SDM di Palangka Raya, di halaman Dinas Sosial PMD setempat, Muara Teweh, Selasa (15/3/2022).ANTARA/Dokumen Pribadi

Muara Teweh (ANTARA) - Sebanyak 40 orang anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) di 11 desa yang ada di Kecamatan Lahei, Kabupaten Barito Utara mengikuti kegiatan bimbingan teknis (Bimtek) dalam rangka peningkatan kapasitas dan Sumber Daya Manusia (SDM) di Palangka Raya pada 16-17 Maret 2022. 

Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat  dan Desa Barito Utara Eveready Noor, saat melepas peserta bimtek Kecamatan Lahei mengatakan, dengan adanya bimbingan teknis ini bisa membuka dan menambah wawasan bagi anggota BPD ini sendiri. 

"Kita berharap dengan adanya bimtek ini bisa merubah pola pikir, minset dan lain sebagainya supaya bagaimana membangun desa-desa yang ada di dalam Sungai Lahei," kata dia yang akrab dipanggil Pery di Muara Teweh, Selasa.

Walaupun, katanya, diketahui di dalam Sungai Lahei (anak Sungai Barito) memang banyak desa-desa terpencil jauh dari ibu kota, yang akses darat juga sangat sulit, hanya andalan adalah melalui jalur sungai sebagai jalur transportasi.

"Dengan adanya bimtek ini untuk membuka wawasan agar mereka ke depannya lebih giat, lebih aktif menggunakan dana-dana yang ada dari pemerintah, baik menggunakan ADD maupun DD serta proyek-proyek lain," kata dia.

Pery mengatakan, dengan adanya perusahaan-perusahaan yang beroperasi di dalam  Sungai Lahei mereka bisa berkolaborasi dalam membangun desanya tersebut dengan membuka akses jalan darat. 
 
Anggota BPD di 11 desa se-Kecamatan Lahei mengikuti bimbingan teknis dalam rangka peningkatan kapasitas dan SDM, di Palangka Raya yang dilepas di halaman Dinas Sosial PMD setempat di Muara Teweh, Selasa (15/3/2022).ANTARA/Dokumen Pribadi


"Itu untuk membangun keterisolasian desa-desa yang ada di Kecamatan Lahei," ungkapnya.

Ia juga menambahkan, dengan adanya bimtek ini, agar anggota BPD bisa lebih memahami hak dan kewajiban dalam membantu pemerintah desanya dalam membangun desa masing-masing
 
Sementara Camat Lahei Rusihan saat memberikan arahan kepada anggota BPD yang mengikuti bimtek ke Palangka Raya mengatakan peserta yang mengikuti bimbingan teknis ini betul-betul menggali ilmu pengetahuan bagaimana untuk memajukan desa yang sejahtera dan mandiri. 

"Saya selaku Camat sangat berharap sekali bagi anggota BPD yang mengikuti bimtek ini menggali ilmu pengetahuan agar dapat memajukan desa mereka untuk menuju desa yang sejahtera dan mandiri," katanya.

Selain itu juga, kata Camat Lahei, dengan mengikuti bimtek ini, mudah-mudahan implementasinya nanti ketika mereka sudah mengikuti pelatihan ini merupakan modal untuk bekerja dan bersama-sama pemerintah desa untuk membangun desanya ke depan. 

“Dengan mengikuti bimtek ini mereka sudah mendapatkan modal untuk bisa bekerja dan bersama-sama pemdes membangun desa mereka," tutur Camat Lahei ini.