Puskesmas sering tergenang air, Legislator Kalteng sarankan direlokasi

id DPRD Kalimantan Tengah, Andina Theresia Narang, DPRD Kalteng, Kalimantan Tengah, Kalteng, Ketua KKP DPRD Kalimantan Tengah

Puskesmas sering tergenang air, Legislator Kalteng sarankan direlokasi

Anggota DPRD Kalimantan Tengah Andina Theresia Narang (tengah) saat melaksanakan reses perorangan di Kabupaten Katingan, kemarin. ANTARA/HHO-Sekretariat DPRD Kalteng

Palangka Raya (ANTARA) - Legislator Kalimantan Tengah Andina Theresia Narang mengaku ada menerima informasi dari masyarakat di Kecamatan Tewang Sanggalang Garing, Kabupaten Katingan, bahwa sejumlah fasilitas kesehatan, terkhusus Puskesmas di wilayah setempat, sering terendam air pada saat curah hujan tinggi.

"Akibat genangan air di puskesmas itu, membuat pelayanan kesehatan kepada warga menjadi terganggu. Kondisi ini harus mendapatkan perhatian serius dari pemerintah daerah, baik provinsi maupun kabupaten, kata Andini Narang di Palangka Raya, kemarin.

Wakil rakyat Kalteng dari daerah pemilihan I meliputi Kota Palangka Raya, Kabupaten Katingan dan Gunung Mas itu pun menyarankan kepada pemda, agar segera menginventarisasi sekaligus merelokasi fasilitas kesehatan yang sering tergenang air pada saat curah hujan tinggi.

Dia mengatakan, bukan tidak mungkin kondisi puskesmas yang terjadi di Kecamatan Sanggalang Garing, juga dialami oleh daerah lain. Sebab, dari berbagai pengalaman selama ini, ada beberapa kabupaten di Kalteng yang sering mengalami atau terjadi banjir.

"Puskesmas dan fasilitas kesehatan lainnya sangat penting bagi masyarakat, khususnya pada saat banjir. Jadi, alangkah baiknya semua puskesmas ataupun fasilitas kesehatan lain yang sering tergenang air, segera direlokasi," kata Andina Narang.

Ketua Kaukus Perempuan Parlemen DPRD Kalteng dua periode ini menilai tergenangnya puskesmas karena berada di kawasan yang rendah, harus di pikirkan untuk segera dipindahkan ke lokasi yang lebih tinggi. Bahkan, jika memungkinkan pada tahun 2022 sudah mulai diambil langkah-langkah dalam merelokasi. 

""Saya juga mengingatkan agar ke depan pembangunan sarana umum lainnya juga harus mempertimbangkan faktor alam, yakni agar di bangun di daratan lebih tinggi," demikian Andina Narang.

Baca juga: Komisi IV DPRD Kalteng siap membantu buat jalan ke IKN lebih mantap

Baca juga: DPRD Kalteng: Pelepasan kawasan hutan jadi kendala realisasi plasma

Baca juga: Kawal program Nasional dan pemilu, DPRD Kalteng kunjungi Disdukcapil