Komisi IV DPRD Kalteng siap membantu buat jalan ke IKN lebih mantap

id Ketua Komisi IV DPRD Kalimantan Tengah, Sriosako, Komisi IV DPRD Kalimantan Tengah, DPRD Kalimantan Tengah, DPRD Kalteng, Kalteng, Kalimantan Tengah

Komisi IV DPRD Kalteng siap membantu buat jalan ke IKN lebih mantap

Ketua Komisi IV DPRD Kalimantan Tengah Sriosako. ANTARA/HO-Sekretariat DPRD Kalteng

Palangka Raya (ANTARA) - Ketua Komisi IV membidangi Infrastruktur DPRD Kalimantan Tengah Sriosako menyebut, pihaknya komitmen akan selalu mendukung dan membantu membuat jalan dan jembatan dari provinsi ini ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara bisa lebih mantap dari sekarang ini.

Bentuk dukungan dan bantuan itu mulai dari pembiayaan dari anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) Kalteng hingga berkomunikasi ke Pemerintah Pusat, kata Sriosako di Palangka Raya, kemarin.

"Intinya, kami akan memperjuangkan agar pembangunan jalan dan jembatan yang lebih mantap dari IKN ke Kalteng, bisa cepat dilakukan," ucapnya.

Selain masalah infrastruktur ke IKN Nusantara, program swasembada pangan melalui food estate yang dilakukan pemerintah pusat di Kalteng, juga menjadi perhatian serius dari Komisi IV DPRD Kalteng. Sebab, Komisi IV menginginkan agar food estate tersebut benar-benar memberikan melibatkan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Sriosako mengatakan, pihaknya di Komisi IV mengharapkan adanya pembangunan jalan Tol dari Kaltim hingga ke Muara Teweh Kabupaten Barito Selatan (Barsel).

Demikian juga dalam program food estate diusulkan adanya bantuan alat pertanian, khususnya bagi peladang lokal.

"Jalan tol ini penting sebagai pendukung mendistribusikan hasil dari produksi food estate tersebut ke sekitar IKN. Ini akan kami konsultasikan dan usulkan ke pemerintah pusat," kata dia.

Wakil rakyat Kalteng dari daerah pemilihan I meliputi Kota Palangka Raya, Kabupaten Gunung Mas dan Katingan itu  menyebut, generasi muda juga perlu di tingkatkan kemampuannya melalui adanya pelatihan kerja.
 Dengan begitu, generasi muda di provinsi ini mampu terlibat dan bersaing di proyek food estate, termasuk adanya IKN Nusantara di Pulau Kalimantan.

"Kami pekan ini akan ke  Pemerintah Pusat, dalam rangka mendorong peningkatan berbagai sektor, baik infrastruktur darat dan laut, serta tenaga kerja dalam food estate dan IKN Nusantara," demikian Sriosako.

Baca juga: DPRD Kalteng: Pelepasan kawasan hutan jadi kendala realisasi plasmaBaca juga: Kawal program Nasional dan pemilu, DPRD Kalteng kunjungi Disdukcapil

Baca juga: Dukung peningkatan Kualitas IMANI, DPRD Kalteng kaji banding ke Jabar