Dinas Sosial PMD Barito Utara terima kunker DPRD HSU

id dinas sosial pmd barut,kunker dprd hsu,transformasi eks pnpm ,dprd hsu,barito utara,kalteng

Dinas Sosial PMD Barito Utara terima kunker DPRD HSU

Kepala Dinas Sosial PMD Barito Utara Eveready Noor foto bersama nggota Komisi I DPRD Hulu Sungai Utara di Muara Teweh, Kamis (14/4/2022).ANTARA/HO

Muara Teweh (ANTARA) - Komisi I DPRD Kabupaten Hulu Sungai Utara, Kalimantan Selatan, melakukan kunjungan kerja ke Barito Utara, Kalimantan Tengah, melalui Dinas Sosial, Pemberdayaan, Masyarakat dan Desa setempat terkait transformasi antara eks Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri menjadi BUMDes Bersama. 

Dalam kunker ini Komisi I DPRD HSU dipimpin oleh Wakil Ketua I DPRD  Mawardi dengan tujuh  orang anggota dengan dua orang staf dewan yang menyertai kegiatan tersebut disambut Kadis Sos PMD Barut Eveready Noor didampingi Sekretaris Dinas (Sekdis) Sunarti beserta jajarannya di aula rapat Dinsos PMD, Muara Teweh, Kamis.

Kadis Sosial PMD Barito Utara Eveready Noor mengucapkan selamat datang kepada rombongan anggota Komisi I DPRD Hulu Sungai Utara di Kabupaten Barito Utara di Bumi Iya Mulik Bengkang Turan dengan arti Pantang Menyerah Sebelum Cita-cita Berhasil.

"Kami ucapkan selamat datang kepada rombongan anggota DPRD Hulu Sungai Utara, di Kabupaten Barito Utara tepatnya di Dinas Sos PMD," kata dia.

Menurut dia, kunjungan kerja Komisi I DPRD HSU ini adalah untuk berbagi pengalaman di tempat yang berbeda antara Baito Utara dan Hulu Sungai Utara. 

"Yang disampaikan oleh DPRD HSU sudah disampaikan kepada kami dan kami juga menyampaikan apa-apa yang menjadi tahapan kami terhadap yang diinginkan telah kita sampaikan,” ujarnya. 

Dalam artian, kata dia, pihaknya tidak merasa memiliki kelebihan dan sebagainya, Dinas Sosial PMD hanya mengikuti peraturan dari pemerintah untuk melaksanakan kegiatan ini.

Dirinya juga berharap dengan adanya pertemuan ini ada timbal baliknya juga dan sudah banyak mendapatkan informasi-informasi bagaimana kondisi keadaan di HSU dan membandingkan kondisi di Barito Utara.

"Ternyata ada perbedaan. Dengan adanya perbedaan itulah yang kami jadikan untuk sebuah persamaan untuk sama-sama melaksanakan kepentingan masyarakat yang ada di Barut maupun di HSU," kata dia yang akrab dipanggil Pery ini.   

Sementara Wakil Ketua I DPRD Hulu Sungai Utara  Mawardi usai melaksanakan pertemuan mengatakan, kunker Komisi I DPRD HSU dalam rangka sharing informasi dan konsultasi yang berkenaan dengan pelaksanaan Peraturan Menteri Desa Nomor 15 Tahun 2021 tentang adanya transpormasi antara Eks Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri menjadi BUMDes Bersama. 

"Tadi kami dapatkan banyak informasi yang telah dilaksanakan oleh Dinsos PMD Barito Utara ini dalam perencanaan untuk mengelola dan pembinaan eks PNPM ini menjad Bumdes bersama," ucap Waket I DPRD Hulu Sungai Utara. 

Harapannya, pihaknya dari DPRD HSU khususnya di Komisi I akan memberikan arahan-arahan kepada Dinas PMD yang ada di Kabupaten HSU untuk lebih intensif melaksanakan soialisasi-sosialisasi kepada desa-desa. 

"Sehingga ada kebersamaan, keinginan untuk lebih cepat mendirikaan BUM des-BUM des bersama ini," ujar Mawardi.