OPD Lamandau diminta pastikan kegiatan pembangunan terlaksana tepat waktu

id Pemkab lamandau, lamandau, nanga bulik, bupati lamandau, hendra lesmana

OPD Lamandau diminta pastikan kegiatan pembangunan terlaksana tepat waktu

Dokumentasi - Bupati Lamandau Hendra Lesmana (kiri) bersama Sekda Lamandau Irwansyah. (ANTARA/Ho-Pemkab Lamandau)

Nanga Bulik (ANTARA) -
Organisasi perangkat daerah (OPD) di Kabupaten Lamandau, Kalimantan Tengah diminta memastikan agar setiap pelaksanaan program dan kegiatan pembangunan bisa terlaksana tepat waktu.
 
Bupati Lamandau Hendra Lesmana di Nanga Bulik, Sabtu, menyampaikan agar kepala OPD dalam pelaksanaan APBD dapat menganalisa kembali serta melakukan pengawasan dengan baik.
 
"Namun jika dalam pelaksanaan kegiatan menemui permasalahan atau hambatan agar segera melakukan koordinasi secara berjenjang untuk segera ditindaklanjuti," katanya.
 
Dia menegaskan, pemkab bertekad agar seluruh pelaksanaan program dan kegiatan di Lamandau menghasilkan keluaran (output) yang bermanfaat bagi masyarakat secara nyata.

Baca juga: Bupati Lamandau berharap Safari Ramadhan semakin mempererat jalinan silaturahmi
 
Salah satu upaya yang pemkab laksanakan, yakni melalui rapat koordinasi pengendalian atau rakordal pelaksanaan rencana pembangunn Lamandau triwulan I TA 2022, beberapa waktu lalu.
 
Rakordal merupakan satu rangkaian kegiatan pelaksanaan pembangunan yang diselenggarakan setiap tahunnya, karena melalui rapat tersebut dapat diidentifikasi secara dini dan mengantisipasi permasalahan yang timbul.
 
Selain itu untuk mengambil langkah pencegahan dan koreksi, sehingga pelaksanaan kegiatan pembangunan dilaksanakan dengan tepat waktu, berkualitas, sesuai sasaran dan target yang telah ditetapkan.
 
Sebelumnya, Bappeda Lamandau menyampaikan kabupaten setempat telah meraih peringkat kedua tertinggi penyerapan anggaran se-Kalteng pada triwulan I.
 
Sebagai tindak lanjut dari rakordal triwulan I TA 2022 tersebut menghasilkan sejumlah poin di antaranya terkait percepatan penyerapan anggaran yang seiring dengan pendapatan daerah.
 
Kemudian untuk perangkat daerah yang melaksanakan pekerjaan konstruksi agar segera melaksanakan tender dengan mengatur jadwal pelaksanaan pekerjaan.
 
Selanjutnya, terus memacu penyerapan anggaran karena dengan semakin banyak uang beredar di Lamandau maka hal tersebut dapat menjadi stimulan dalam pertumbuhan ekonomi daerah.

Baca juga: Bupati apresiasi peran organisasi keagamaan dalam pembangunan spiritual

Baca juga: Pemkab Lamandau penuhi kebutuhan air bersih masyarakat

Baca juga: Pemkab Lamandau-Korem 102 Panju Panjung bersinergi membangun daerah