Gubernur Kalteng ingin bangun universitas di wilayah DAS Barito

id Pemprov kalteng, gubernur kalteng sugianto sabran, universitas das barito, pendidikan, sdm kalteng, ikn, ibu kota negara, penyangga ikn, hari jadi kal

Gubernur Kalteng ingin bangun universitas di wilayah DAS Barito

Gubernur Kalteng Sugianto Sabran (tengah) saat puncak Hari Jadi ke-65 Kalteng, Palangka Raya, Senin, (23/5/2022). (ANTARA/Muhammad Arif Hidayat)

Palangka Raya (ANTARA) -
Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran ingin membangun universitas di wilayah Daerah Aliran Sungai (DAS) Barito guna menunjang pembangunan sumber daya manusia (SDM).
 
Untuk mewujudkannya diperlukan kolaborasi antara pemerintah provinsi bersama pemerintah kabupaten di wilayah DAS Barito serta pihak lainnya, kata Sugianto di Palangka Raya, Senin.
 
"Kami meminta agar para kepala daerah di DAS Barito bisa menyiapkan lahan untuk pembangunan universitas ini nantinya," jelasnya.
 
Adapun DAS Barito di Kalteng terdiri dari empat kabupaten, meliputi Barito Selatan, Barito Timur, Barito Utara, serta Murung Raya. Pembangunan universitas di DAS Barito dinilai strategis dan sangat diperlukan masyarakat.
 
Dia ingin dibangun universitas yang benar-benar memadai lengkap dengan sarana prasarananya, sehingga generasi muda khususnya DAS Barito tak lagi harus ke luar Kalteng untuk melanjutkan pendidikan.
 
"Selama ini orang Kalteng banyak yang kuliah di Banjarmasin maupun provinsi lain, harapan kita bagaimana orang luar yang kuliah ke Kalteng," tegasnya.

Baca juga: Gubernur minta Penjabat Bupati Kobar dan Barsel pacu PAD
 
Sugianto menjelaskan, hal ini akan segera ditindaklanjuti bersama para bupati sehingga diharap bisa dimulai pembangunannya pada 2023 mendatang. Adapun untuk skema pendanaannya akan dikoordinasikan dan dirumuskan bersama.
 
Sementara itu pada puncak peringatan Hari Jadi ke-65 Kalteng, dia juga menyampaikan, pemprov terus berbenah, sehingga maju secara signifikan pada sejumlah sektor pembangunan.
 
Kalteng sebagai salah satu daerah penyangga Ibu Kota Nusantara (IKN) memiliki kesempatan dan peluang dari pengembangan pembangunan IKN tersebut. Maka menurutnya, masyarakat harus mampu bersaing dan jangan hanya menjadi penonton saja.
 
"SDM unggul dan profesional harus benar-benar dipersiapkan, melalui peningkatan kualitas pendidikan, dengan menjalin kerja sama dan sinergi, serta komunikasi yang baik antar pemangku kepentingan," ucapnya.
 
Peringatan Hari Jadi Kalteng ini mengambil tema “Sumber Daya Manusia Bangkit, Kalimantan Tengah BerAKHLAK Penuh dengan KeBERKAHan“, mengandung makna bagi seluruh komponen masyarakat untuk bangkit setelah dua tahun lebih melawan COVID-19 dan kembali memantapkan komitmen menyukseskan pembangunan daerah.

Baca juga: Kalteng pecahkan rekor MURI Mangenta peserta terbanyak

Baca juga: Kalteng usulkan pembangunan sektor perhubungan sebagai pendukung IKN

Baca juga: Pemprov Kalteng lima besar nasional berkinerja terbaik penerapan SPM