Komisi I DPRD Kapuas minta penyelenggara berikan rasa aman dalam pilkades

id Dprd kapuas, anggota dprd kapuas lawin, pilkades serentak, pemilihan kepala desa, kuala kapuas, kalteng

Komisi I DPRD Kapuas minta penyelenggara berikan rasa aman dalam pilkades

Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Kapuas, Lawin. (ANTARA/All Ikhwan)

Kuala Kapuas (ANTARA) -
Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah Lawin mengharapkan penyelenggara maupun panitia tingkat kabupaten dapat memberikan rasa aman dalam pelaksanaan pemilihan kepala desa (pilkades).


 


"Harapan kami, artinya mudah-mudahan pelaksanaan pilkades ini berjalan dengan tertib dan aman, sehingga tidak menimbulkan konflik," kata Lawin di Kuala Kapuas, Senin.


 


Harapan itu disampaikan legislator dari Partai Hanura ini, karena Komisi I sudah melakukan pengawasan di beberapa desa yang akan melaksanakan pilkades serentak.


 


Pihaknya tak ingin adanya gejolak di tengah masyarakat terkait pilkades serentak tersebut. Untuk itu, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kapuas, juga turut serta melakukan pengawasan karena saat ini sudah memasuki tahapan Daftar Pemilih Tetap (DPT).


 


"Saat ini tahapan pilkades sudah memasuki tahapan DPT, kami mengharapkan dinas terekait sebagai leading sektornya yakni DPMD dapat turut melakukan pengawasan," harapnya.


 


Selain itu, wakil rakyat yang terpilih kembali dari Daerah Pemilihan (Dapil) Kapuas IV meliputi Kecamatan Kapuas Hilir, Pulau Petak, Kapuas Murung dan Dadahup ini melihat, dalam pilkades ini masih ada beberapa kekurangan dan kendala di lapangan dalam penetapan DPT tersebut.


 


"Karena panitia desa itu, waktu tahapan DPT kemarin terkait jumlah DPT tidak disertai dengan data kependudukan, seperti yang disampaikan Dinas Kependudukan dan Cacatan Sipil (Disdukcapil)," terangnya.

Pewarta :
Editor : Muhammad Arif Hidayat
COPYRIGHT © ANTARA 2022