21 Juli, Bupati Barito Utara dijadwalkan lantik kades terpilih

id pelantikan pilkades barut,pilkades serentak barut,tiara batara muara teweh,kadis sosial pmd,barito utara,kalteng

21 Juli, Bupati Barito Utara dijadwalkan lantik kades terpilih

Wakil Bupati Barito Utara Sugianto Panala Putra, Ketua DPRD Hj Mery Rukaini, Kapolres AKBP Gede Pasek Muliadnyana bersama pejabat lainnya meninjau pelaksanaan pilkades di TPS 02 Desa Lemo II, Kamis (19/5/2022).ANTARA/HO-Prokopim Barito Utara

Muara Teweh (ANTARA) - Bupati Barito Utara, Kalimantan Tengah, Nadalsyah dijadwalkan akan melantik 73 kepala desa terpilih pada 21 Juli 2022 yang merupakan hasil pemilihan kepala desa (pilkades) serentak tahun ini.

"Pak Bupati  akan melantik 73 kades terpilih pada Kamis (21/7) yang rencananya di arena terbuka Tiara Batara," kata Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Barito Utara Eveready Noor di Muara Teweh, Kamis. 

Pilkades serentak di Barito Utara tersebut dilaksanakan pada Kamis, 19 Mei 2022 diikuti 249 orang calon kepala desa tersebar pada  73  dari 93  desa  di sembilan kecamatan dengan jumlah Daftar Pemilih Tetap sebanyak 44.080 pemilih.

"Dalam pelantikan nanti tetap menerapkan protokol kesehatan, karena saat ini masih pandemi  COVID-19," kata Eveready Noor. 

Desa yang menggelar pilkades serentak 2022 meliputi di Kecamatan Gunung Timang ada 14 desa yaitu Desa Batu Raya I, Batu Raya II, Tongka, Sangkorang, Siwau, Jaman, Payang Ara, Tapen Raya, Baliti, Ketapang, Walur, Malungai, Rarawa dan Desa Majangkan.

Kemudian, untuk Kecamatan Teweh Timur diikuti 11 desa meliputi Desa Benangin I, Benangin II, Benangin III, Benangin V,  Sampirang I, Sampirang II, Muara Wakat,Mampuak I, Liju, Sei Liju dan Desa Jamut.

Di Kecamatan Lahei Barat pilkades diikui 10 desa yakni Desa Karamuan, Benao Hulu, Benao Hilir, Teluk Malewai, Papar Pujung, Jangkang Baru, Jangkang Lama, Nihan Hulu, Nihan Hilir dan Desa Luwe Hilir. 

Selanjutnya untuk Kecamatan Teweh Selatan diikuti delapan desa diantaranya Desa Trahean, Bintang Ninggi I, Bintang Ninggi II, Butong, Buntok Baru, Bukit Sawit dan Desa Pandran Permai.

Sedangkan Kecamatan Teweh Baru ada  tujuh desa yang menyelenggarakan pilkades serentak yaitu Desa Sikui, Sabuh, Hajak, Panaen, Malawaken, Liang Buah dan Desa Gandring. Kecamatan Lahei juga ada tujuh desa yaitu Desa Ipu, Mukut, Muara Bakah, Karendan, Rahaden, Juju Baru dan Desa Bengahon. 

Kecamatan Montalat ada tiga desa meliputi Desa Pepas, Paring Lahung dan Rubei. Untuk Kecamatan Teweh Tengah ada lima desa adalah Desa Lemo II,  Pendreh,  Sei Rahayu II, Beringin Raya dan Datai Nirui.

Selain itu untuk Kecamatan Gunung Purei ada delapan desa yaitu Desa Lampeong II, Baok, Payang, Berong, Muara Mea, Linon Besi I, Lawarang dan Tambaba.