Sudah 78.196 warga Palangka Raya divaksin dosis penguat

id Sudah 78.196 warga Palangka Raya divaksin dosis penguat, kalteng, palangka Raya, booster

Sudah 78.196 warga Palangka Raya divaksin dosis penguat

Kepala Dinas Kesehatan Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah Andjar Hari Purnomo. ANTARA/Rendhik Andika

Palangka Raya  (ANTARA) - Kepala Dinas Kesehatan Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah Andjar Hari Purnomo mengatakan, sebanyak 78.196 warga di kota setempat telah menyelesaikan tahapan vaksinasi dosis ketiga atau "booster".

"Sampai akhir pekan kemarin, capaian vaksinasi dosis ketiga program gotong-royong dan vaksinasi program kita mencapai 78.196 orang atau 35 persen dari total target vaksinasi 233.417 orang," kata Andjar di Palangka Raya, Selasa.

Untuk capaian vaksinasi COVID-19 dosis pertama tercatat 262.682 orang dan capaian vaksinasi dosis kedua di "Kota Cantik" mencapai 227.033 orang.

Target vaksinasi COVID-19 di wilayah Kota Palangka Raya sendiri terbagi menjadi lima kategori, yakni SDM kesehatan dengan target 3.512 sasaran, lansia 14.287 sasaran, pelayanan publik 21.920 sasaran, masyarakat umum 154.647 sasaran, dan remaja sebanyak 29.051 sasaran.

Sasaran vaksinasi di Palangka Raya juga diperluas terhadap anak usia 6-11 tahun. Pihaknya pun mengajak masyarakat selalu menerapkan protokol kesehatan, sehingga mencegah penyebaran virus corona.

Dalam rangka mempercepat capaian vaksinasi dosis ketiga atau booster, pihaknya terus berupaya meningkatkan kerja sama dengan lintas sektor.

Baca juga: 95 hewan kurban di Palangka Raya disembelih di RPH saat Idul Adha

Dinas Kesehatan "Kota Cantik" juga mengimbau masyarakat yang memenuhi kriteria mendatangi fasilitas layanan kesehatan untuk mengikuti seluruh tahapan program vaksinasi, mulai dosis pertama, kedua hingga dosis ketiga.

“Agar memperoleh manfaat secara maksimal dalam mencegah infeksi virus Corona, mempertahankan tingkat kekebalan tubuh, memperkuat antibodi yang sudah terbangun dan memperpanjang masa perlindungan dari virus, seluruh tahapan vaksinasi COVID-19 harus diselesaikan," katanya.

Sebelumnya, dalam rapat kabinet terbatas, ditetapkan persyaratan perjalanan dan masuk ruang publik salah satunya telah menyelesaikan vaksin penguat.

Syarat perjalanan dan masuk tempat umum, seperti mall dan perkantoran akan diubah menjadi vaksinasi dosis ketiga. Hal itu juga bertujuan untuk mendorong vaksinasi penguat dan meninjau peningkatan kasus yang terjadi pada beberapa waktu terakhir.

Sementara itu, berdasar data Satgas Penanganan COVID-19 Kota Palangka Raya sampai Senin (11/7), tercatat akumulasi warga terpapar corona mencapai 17.835 orang. Dari jumlah itu, 17.241 dinyatakan sembuh, 550 pasien meninggal dunia dan 43 sisanya masih menjalani perawatan baik di rumah sakit maupun melaksanakan isolasi mandiri.

Baca juga: Jamaah haji Palangka Raya dalam kondisi baik

Baca juga: DPRD Palangka Raya dorong pemkot tingkatkan kewaspadaan terhadap PIE

Baca juga: Legislator ingatkan warga untuk tingkatkan kewaspadaan terhadap wabahDBD