Pj Bupati berharap sinergi pemkab dan PBS di Kobar tetap dipertahankan

id Penjabat Bupati Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah, Anang Dirjo, Kotawaringin Barat, Kobar, Kalteng, konsorsium pbs di kobar

Pj Bupati berharap sinergi pemkab dan PBS di Kobar tetap dipertahankan

Pj Bupati Kobar Anang Dirjo (tengah) saat memimpin rapat di Pangkalan Bun, kemarin. ANTARA/Prokom Kobar.

Pangkalan Bun (ANTARA) - Penjabat Bupati Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah, Anang Dirjo mengapresiasi dukungan dan keterlibatan para investor perusahaan besar swasta di kabupaten setempat, dalam membatu pemerintah daerah memajukan pembangunan serta kesejahteraan masyarakat di wilayah ini.

Sinergi dan komunikasi pemkab dengan PBS di masa kepemimpinan Bupati Kobar yang sebelumnya juga berjalan sangat baik, kata Anang di Pangkalan Bun, kemarin.

"Saya berharap sinergi itu bisa tetap dipertahankan dan lebih ditingkatkan ke depannya. Itu semua demi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Kobar," ucapnya.

Menurut Kepala Badan Pendapatan Daerah (BPD) Pemerintah Provinsi Kalteng itu, keberadaan dan sumbangsih PBS sangat penting dalam mendukung langkah pemda melaksanakan berbagai program maupun kegiatan pembangunan.

Anang mengatakan, pemkab dan masyarakat Kobar patut bersyukur karena selama ini PBS yang beroperasi di wilayah ini, sudah cukup banyak berkontribusi dalam pembangunan, terkhusus infrastruktur jalan dan jembatan.

"Banyak jalan di Kobar yang telah dibangun tanpa menggunakan anggaran pemkab, tapi dari PBS. Ini sangat bangus dan perlu terus dilakukan dan lebih ditingkatkan," kata Anang.

Baca juga: Dua inovasi Pemkab Kobar masuk 'finalis top' ajang KIPP KemenPAN-RB

Selama lima tahun terakhir, Program konsorsium partisipatif PBS yang ada di Kobar telah berkontribusi membangun infrastruktur jalan dan jembatan. Hingga tahun 2022, konsorsium PBS tersebut telah menuntaskan pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan sepanjang 450 km.

Anang mengatakan PBS yang tergabung di konsorsium ini sangat layak mendapatkan penghargaan atas kontribusi membangun infrastruktur jalan di pedalaman maupun pinggiran desa. Sebab, PBS telah memberikan dampak positif bagi kemajuan daerah. Itu bisa dilihat dari terjadinya peningkatan ekonomi dan akses jalan yang lebih memudahkan masyarakat di pedesaan maupun pedalaman.

"Kami berharap ke depan masalah konsorsium ini terus dilakukan. Bagaimanapun ini menjadi kewajiban bagi perusahaan untuk selalu memberikan perhatian kepada masyarakat," demikian Anang.

Baca juga: Cepat tanggapi laporan pelanggan, Pj Bupati Kobar apresiasi kinerja PDAM

Baca juga: Pemkab Kobar telah salurkan 11 ton beras kepada korban banjir

Baca juga: Terdampak banjir, Pj Bupati Kobar minta kerugian petani didata