Bupati ajak masyarakat Gumas kibarkan bendera merah putih selama Agustus

id Bupati Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Jaya S Monong, Kabupaten Gunung Mas, Gunung Mas, Kalteng, 17 agustus 2022, hut merdeka RI

Bupati ajak masyarakat Gumas kibarkan bendera merah putih selama Agustus

Bupati Gunung Mas Jaya S Monong bersama istri Mimie Mariatie, Wakil Bupati Efrensia LP Umbing, dan lainnya mengibarkan Sang Saka Merah Putih saat pencanangan gerakan bendera Merah Putih di Kuala Kurun, Minggu (31/7/2022). ANTARA/HO-PWI Gunung Mas.

Kuala Kurun (ANTARA) - Bupati Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Jaya S Monong mengajak seluruh lapisan masyarakat di wilayah setempat, agar mengibarkan bendera Merah Putih selama bulan Agustus 2022.

Pengibaran tersebut dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Republik Indonesia, kata Jaya saat pencanangan gerakan bendera Merah Putih se-Indonesia, di Kuala Kurun, Minggu.

"Tujuannya adalah untuk menggugah semangat cinta tanah air dan nasionalisme masyarakat, khususnya di Gunung Mas," sambung orang nomor satu di lingkup Pemkab Gunung Mas ini.

Dia menyebut, Gunung Mas turut berpartisipasi pada gerakan bendera Merah Putih se-Indonesia, di mana kegiatan dipusatkan di Taman Kota Kuala Kurun, mulai pukul 06.00 WIB.

Pada kegiatan ini Jaya bersama istri yang juga selaku Ketua TP PKK Gunung Mas Mimie Mariatie, Wakil Bupati Efrensia LP Umbing, unsur forum koordinasi pimpinan daerah, dan lainnya mengibarkan Sang Saka Merah Putih.

Selanjutnya pada kesempatan ini juga dilakukan pembagian sejumlah bendera Merah Putih kepada masyarakat. Dia berpesan kepada masyarakat untuk mengibarkan Sang Saka Merah Putih yang telah diterima, sepanjang Agustus 2022.

Baca juga: Bupati Gunung Mas gunakan uang pribadi bantu SMPN 1 Kurun

Lebih lanjut, dia juga mengajak masyarakat untuk mengisi kemerdekaan dengan melakukan berbagai hal yang positif, termasuk mendukung pemerintah baik itu pusat maupun daerah dalam melaksanakan pembangunan.

"Saya juga mengajak seluruh masyarakat Gunung Mas untuk selalu menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). NKRI merupakan harga mati," tegas Jaya.

Sementara itu, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Gunung Mas, Sugiarto mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan wujud dukungan pemkab kepada program Pemerintah Pusat dan Pemprov Kalteng.

"Bendera Merah Putih akan dibagikan kepada masyarakat yang tidak memiliki. Bendera berasal dari sumbangan perangkat daerah dan ada juga dari perusahaan besar swasta," demikian Sugiarto.

Baca juga: Gunung Mas percepat harmonisasi dukung PUG

Baca juga: Sekda Gumas sebut PDRB dan inflasi jadi acuan rumuskan kebijakan