Sekda Gumas sebut PDRB dan inflasi jadi acuan rumuskan kebijakan

id Pemkab gunung mas, sekda gumas yansiterson, pdrb, inflasi gunung mas, kuala kurun, gunung mas, kalteng

Sekda Gumas sebut PDRB dan inflasi jadi acuan rumuskan kebijakan

Sekda Gunung Mas Yansiterson (tengah) didampingi Kepala Bappedalitbang Yantrio Aulia (kiri) dan perwakilan BPS Gunung Mas saat membuka sinkronisasi indikator makro daerah di Kuala Kurun, Kamis (28/7/2022). ANTARA/Chandra

Kuala Kurun (ANTARA) -
Sekretaris Daerah Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Yansiterson mengatakan, secara tidak langsung data Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) dan data inflasi dapat menjadi acuan.
 
Acuan yang dimaksud di sini adalah dalam hal merumuskan kebijakan pemerintah daerah, ucapnya saat membuka sinkronisasi indikator makro daerah Gunung Mas di Kuala Kurun, Kamis.
 
“Dengan data PDRB, kita dapat mengetahui sektor yang terus mengalami peningkatan maupun penurunan. Sedangkan dengan data inflasi kita dapat melihat inflasi yang tinggi akan menyebabkan kendala yang besar terhadap perolehan pendapatan daerah,” sambungnya.
 
Selain itu, inflasi yang tinggi akan memengaruhi tingkat produktivitas perekonomian di dalam masyarakat. Namun inflasi yang rendah akan memberikan dampak positif terhadap penerimaan Pendapatan Asli Daerah (PAD).
 
“Dengan kata lain, kita dapat mengidentifikasi di mana kekuatan dan kelemahan daerah,” jelasnya.

Baca juga: Pemkab Gunung Mas targetkan nilai kepatuhan publik meningkat
 
Dia menjelaskan banyak ide-ide yang tertuang dalam rangka membangun kabupaten ke depan. Dalam rancangan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), yang dikenal dengan program tiga smart.
 
Tiga smart yang dimaksud yakni smart agro atau pertanian yang unggul, smart tourism atau pariwisata yang unggul, serta smart human resources atau sumber daya manusia yang unggul.
 
Dengan konsep berpikir tersebut, dapat dilihat berbagai sektor yang ada dan menyandingkannya dengan visi dan misi pimpinan daerah yang telah ditetapkan.
 
“Apabila ada sektor yang masih lemah maka itu harus menjadi perhatian kita bersama. Apabila ada sektor yang sudah baik, maka hendaknya dapat kita tingkatkan lagi,” paparnya.
 
Sementara itu, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappedalitbang) Gunung Mas Yantrio Aulia menyampaikan, kegiatan ini dilaksanakan atas dasar sebelum dilaksanakannya Konsultasi Regional (Konreg) provinsi.
 
“Dari kegiatan ini akan diketahui sektor apa saja dalam pertumbuhan ekonomi yang perlu dikoordinasikan oleh lintas sektor, terutama peran perangkat daerah dalam acuan pertumbuhan ekonomi di Gunung Mas,” demikian Yantrio.

Baca juga: Longsor di Gunung Mas memakan dua korban jiwa

Baca juga: DPR RI minta pusat dengarkan keluhan masyarakat di Gumas

Baca juga: Kejari Gunung Mas terus dekatkan diri dengan masyarakat