Legislator Gunung Mas dukung Dahian Tambuk bentuk BUMDes

id Legislator Gunung Mas dukung Dahian Tambuk bentuk BUMDes, kalteng, gumas, gunung mas

Legislator Gunung Mas dukung Dahian Tambuk bentuk BUMDes

Legislator Gunung Mas Arit S Bajau (duduk kiri) bersama Kades Dahian Tambuk Pendi (duduk kanan) dan lainnya berfoto bersama saat pelaksanaan reses perseorangan di desa setempat, Selasa (2/3/2022). ANTARA/HO-Dokumentasi pribadi

Kuala KurunĀ  (ANTARA) - Legislator Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Arit S Bajau mendukung Pemerintah Desa Dahian Tambuk, Kecamatan Mihing Raya, yang berkeinginan membentuk Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

“Saat saya melaksanakan reses perseorangan di Dahian Tambuk, Selasa (2/8) lalu, pemerintah desa menyampaikan keinginan untuk membentuk BUMDes. Saya mendukung penuh keinginan tersebut,” ucapnya di Kuala Kurun, Rabu.

Politisi Partai Beringin Karya (Berkarya) ini mendukung Pemerintah Desa Dahian Tambuk yang memiliki keinginan untuk membentuk BUMDes, karena dari BUMDes diharap bisa menghasilkan pendapatan asli desa (PADes).

Menurut dia, hal utama dalam membentuk BUMDes adalah jenis usaha yang akan dilakukan. Jenis usaha yang akan dilakukan tentunya harus sesuai dengan potensi atau peluang usaha yang ada di wilayah sekitar.

Selain itu, sambung dia, dalam memilih pengurus BUMDes juga harus dilakukan secara profesional, dan dipilih orang-orang yang mudah berkoordinasi serta berkomunikasi dengan berbagai pihak.

Baca juga: Camat di Gunung Mas dibekali mobil dinas dobel gardan

Lebih lanjut, saat reses Arit juga menampung berbagai aspirasi masyarakat Dahian Tambuk, mulai dari permasalahan angkutan produksi perusahaan besar swasta (PBS), serta permohonan bantuan dari rumah ibadah.

Terpisah, Kepala Desa Dahian Tambuk, Pendi mengatakan pemerintah desa memiliki keinginan membentuk BUMDes. Oleh sebab itu, dia meminta kepada berbagai pihak, termasuk DPRD Gunung Mas, untuk membimbing dalam proses pembentukan BUMDes.

Saat ini, sambung dia, tim khusus sedang melakukan penelitian terkait jenis usaha yang cocok untuk dijalani BUMDes, sesuai dengan peluang usaha dan potensi yang ada di Dahian Tambuk.

“Kami berharap adanya bimbingan dan arahan dalam pembentukan BUMDes. Jika BUMDes sudah terbentuk, kami akan kembali meminta bimbingan dan arahan dari berbagai pihak, termasuk DPRD Gunung Mas,” demikian Pendi.

Baca juga: Legislator Gumas ingatkan pentingnya transparansi pengelolaan dana konsorsium perbaikan jalan

Baca juga: Munculkan bibit muda, Bupati dukung PBVSI Cup dilaksanakan di Gunung Mas

Baca juga: Bupati ingatkan seluruh sekolah di Gumas tetap disiplin prokes saat PTM

Pewarta :
Uploader : Admin 2
COPYRIGHT © ANTARA 2022