Pengurus baru DAD Kalteng resmi bertugas

id Pengurus baru DAD Kalteng resmi bertugas, kalteng, palangka Raya, agustiar Sabran, dad kalteng

Pengurus baru DAD Kalteng resmi bertugas

Ketua DAD Kalteng Agustiar Sabran mengibarkan pataka DAD yang diserahkan oleh Presiden MADN Marthin Billa di acara pengukuhan pengurus organisasi adat tersebut di Aula Jayang Tingang Kota Palangka Raya, Selasa (16/8/2022) malam. ANTARA/Adi Wibowo

Palangka Raya  (ANTARA) - Pengurus baru Dewan Adat Dayak (DAD) Kalimantan Tengah masa bakti 2021-2026 resmi mulai bertugas setelah dilantik oleh Presiden Masyarakat Adat Dayak (MADN) Marthin Billa di Aula Jayang Tingang, Kota Palangka Raya. 

"Dengan bersyukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, saya melantik seluruh pengurus DAD Kalteng periode 2021-2026 dengan mengucapkan adil ka'talino bacuramin ka'saruga basengat ka'jubata," kata Marthin di hadapan seluruh pengurus DAD Kalteng yang dilantik, Selasa (16/8) malam. 

Komposisi pengurus DAD Kalteng yang dilantik tersebut sesuai hasil Musyawarah Daerah (Musda) DAD setempat yang digelar pada November 2021 lalu. Dalam kepengurusan baru ini, Agustiar Sabran kembali dipercaya menduduki kursi Ketua DAD Kalteng. 

Hal tersebut juga berdasarkan Keputusan Majelis Adat Dayak Nasional (MADN) Nomor 25 tahun 2022. 

Sejumlah pengurus inti DAD Kalteng tersebut yakni Sekretaris Umum diisi oleh Yulindra Dedy, Bendahara Umum diisi oleh Rahmat Nasution Hamka dan Ketua Harian tetap dijabat oleh Andri Elia Embang.

Selanjutnya, untuk jabatan Wakil Ketua Umum dipercayakan kepada Bulkani, HM Wahyudie F Dirun, Tuty Dau, Leonard S Ampung dan Tiwi Etika. 

Baca juga: Sebanyak 70 narapidana di Kalteng remisi bebas di HUT RI ke-77

Di lokasi yang sama Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran saat menghadiri momentum pelantikan tersebut,  mengucapkan selamat atas pelantikan dan pengukuhan pengurus DAD Kalteng. 

Dia yakin jajaran pengurus DAD Provinsi Kalimantan Tengah dapat mewujudkan tujuan organisasi ke depannya dengan baik dan sesuai dengan aturan.

"Tentu harus sesuai dengan ketentuan dalam sebuah organisasi yang berlaku di Negara Kesatuan Republik Indonesia yang kita cintai ini. Tentunya dengan menjunjung tinggi Falsafah Huma Betang dan Belum Bahadat," kata Sugianto dalam sambutannya.

Pelantikan dan pengukuhan DAD Kalteng juga dihadiri seluruh tokoh masyarakat adat, pengurus DAD kabupaten/kota serta Damang Kepala Adat dan Batamad.

Orang nomor satu di lingkup Pemerintah Provinsi Kalteng juga mengajak agar terus bekerjasama dengan pemerintah daerah dalam menyusun dan melaksanakan program-program pembangunan yang tujuannya untuk kemajuan daerah di era yang serba digital ini. 

Baca juga: Kesiapan UCI MTB 95 persen dan atlet sepeda nasional mulai berdatangan

Baca juga: HUT RI momentum memacu pemulihan dan penguatan ekonomi Kotim

Baca juga: 735 WBP Lapas Sampit terima remisi HUT RI