Pemprov Kalteng beri ruang bagi anak berpartisipasi dalam pembangunan

id Forum anak kalteng, partisipasi anak dalam pembangunan, hari anak nasional, kalteng, kalimantan tengah

Pemprov Kalteng beri ruang bagi anak berpartisipasi dalam pembangunan

Kepala Dinas P3APPKB Kalteng Linae Victoria Aden (kiri). ANTARA/HO-Diskominfosantik Kalteng

Palangka Raya (ANTARA) -
Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah memastikan, tersedianya ruang maupun kesempatan bagi anak untuk turut serta berpartisipasi dalam pelaksanaan pembangunan daerah.
 
Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P3APPKB) Kalteng Linae Victoria Aden dalam keterangan yang diterima di Palangka Raya, Rabu malam, mengatakan, salah satu ruang yang diberikan pemprov adalah melalui rapat koordinasi Forum Anak.
 
"Rakor Forum Anak daerah ini bertujuan untuk memberikan ruang partisipasi bagi anak dalam pembangunan, mengembangkan rasa nasionalisme, kebhinekaan maupun persaudaraan," terangnya.
 
Selain itu juga bertujuan untuk mempertahankan nilai-nilai luhur budaya dan karakter bangsa, hingga mampu menjadi inspirator muda pelopor maupun pelapor pemenuhan hak anak dan perlindungan khusus anak.
 
Linae mengharapkan agar anak-anak yang tergabung dalam Forum Anak daerah, memanfaatkan rapat koordinasi ini untuk memaksimalkan peran mereka maupun forum sebagai media partisipasi anak dalam perencanaan pembangunan.

Baca juga: LPDB-KUMKM dorong koperasi di Kalteng optimalkan pemanfaatan dana bergulir

Melalui forum ini, anak-anak tersebut dapat menyampaikan berbagai gagasan atau masukan kepada pemerintah dalam pelaksanaan pembangunan, utamanya apa saja yang menjadi kebutuhan anak dan belum terpenuhi secara optimal hingga saat ini.
 
"Forum Anak daerah juga kami harap berperan sebagai agen perubahan bagi teman-teman dan lingkungan sekitar, serta dapat menyampaikan laporan hambatan pemenuhan hak anak di wilayahnya masing-masing," jelasnya.
 
Lebih lanjut Linae menjabarkan, para anak dalam forum ini juga diharapkan bisa menjadi pelopor bagi teman-teman sebayanya, termasuk pelapor untuk hal-hal yang berkaitan dengan pemenuhan hak anak dan perlindungan hak anak di Kalimantan Tengah.
 
"Mereka juga kami harap membantu dan membangun daerah untuk terwujudnya Kalteng Makin Berkah," tegasnya.
 
Sementara itu, Ketua Panitia Rakor Lutfil Aman dalam laporannya menyampaikan, kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan peran maupun partisipasi anak dalam proses pembangunan.
 
"Utamanya semakin terpenuhinya hak partisipasi anak di wilayah Kalimantan Tengah," ucapnya.

Baca juga: Pemprov Kalteng dorong Forum Petani Sawit Mandiri siapkan 'roadmap'

Baca juga: Pemprov Kalteng manfaatkan museum perkaya pengetahuan sejarah generasi muda

Baca juga: Pembahasan kesiapan tuan rumah HPN 2023

Pewarta :
Uploader : Admin 2
COPYRIGHT © ANTARA 2022