Bupati Lamandau dorong peningkatan produksi produk lokal

id Pemkab lamandau, lamandau, nanga bulik, bupati lamandau, hendra lesmana

Bupati Lamandau dorong peningkatan produksi produk lokal

Bupati Lamandau Hendra Lesmana. (ANTARA/HO-Pemkab Lamandau)

Nanga Bulik (ANTARA) -
Bupati Lamandau, Kalimantan Tengah Hendra Lesmana mendorong jajaran perangkat daerah maupun masyarakat untuk bersama-sama meningkatkan upaya dalam mendorong peningkatan produksi produk lokal.
 
Hendra di Nanga Bulik, Senin, mengatakan, hal ini diperlukan salah satunya sebagai langkah strategis daerah dalam menanggulangi maupun memitigasi dampak inflasi.
 
"Kalteng termasuk salah satu provinsi di Indonesia yang inflasinya cukup tinggi, maka salah satu upaya yang dapat kita lakukan adalah mendorong produksi produk lokal," terangnya.

Baca juga: Wakapolres Lamandau jadi delegasi Indonesia
 
Produksi produk-produk lokal tersebut di antaranya seperti beras maupun lainnya yang masih potensial untuk terus dipacu peningkatannya.
 
"Maka untuk mewujudkannya perlu sinergi dan kerja keras semua, baik pemerintah, maupun dukungan berbagai pihak termasuk masyarakat," tuturnya.

Baca juga: Pemkab Lamandau terus pacu peningkatan kapasitas aparatur desa
 
Adapun selain itu, langkah strategis lainnya dalam pengendalian inflasi di daerah juga dilaksanakan pasar murah dan pasar penyeimbang.
 
Selain itu pemerintah daerah juga telah membagikan bibit cabai kepada masyarakat dalam pelaksanaan gerakan bersama pengendalian inflasi di daerah.

Baca juga: Kerukunan di Lamandau terus terjaga dengan baik
 
Berdasarkan rilis Badan Pusat Statistik (BPS), inflasi Kalteng pada bulan Agustus tercatat sebesar 6,94 persen. Angka ini jauh berada di atas angka inflasi nasional sebesar 4,69 persen (yoy).
 
Komoditas yang memberikan sumbangan inflasi pada Agustus 2022 antara lain angkutan udara, bawang merah, beras, ikan tongkol/ikan ambu-ambu, ikan nila, tomat, bahan bakar rumah tangga, pasir, cabai rawit, dan udang basah.

Baca juga: APBD-P Lamandau diperlukan sebagai upaya rasionalisasi

Baca juga: Pemkab Lamandau tingkatkan sinergi bersama BNNP optimalkan P4GN