Legislator Gumas ingin perbaikan Jembatan Sei Miwan diprioritaskan

id Perbaikan jembatan sei miwan, dprd gunung mas, rayaniatie djangkan, kuala kurun, sei rawi, sei konjoi, gunung mas

Legislator Gumas ingin perbaikan Jembatan Sei Miwan diprioritaskan

Legislator Kabupaten Gunung Mas, Rayaniatie Djangkan.  (ANTARA/Chandra)

Kuala Kurun (ANTARA) -
Sekretaris Komisi II DPRD Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Rayaniatie Djangkan ingin agar perbaikan Jembatan Sei Miwan menjadi prioritas pada 2023 mendatang.
 
“Jembatan Sei Miwan yang berada di Desa Tumbang Miwan, Kecamatan Kurun, saat ini kondisinya saya nilai sangat memprihatinkan,” ucap Rayaniatie di Kuala Kurun, Selasa.
 
Wakil rakyat dari daerah pemilihan I yang meliputi Kecamatan Sepang, Mihing Raya, dan Kurun ini mendesak pemerintah kabupaten melalui Dinas Pekerjaan Umum (DPU) memikirkan upaya perbaikan Jembatan Sei Miwan.
 
Sebab, tutur politisi Partai Amanat Nasional (PAN) ini, keberadaan Jembatan Sei Miwan sangat penting bagi masyarakat di tiga kecamatan yakni Kurun, Mihing Raya, dan Sepang.
 
Dia mengingatkan, jangan sampai upaya perbaikan jembatan dilakukan saat jembatan tersebut ambruk atau memakan korban jiwa. Keterbatasan anggaran hendaknya juga tidak menjadi alasan perbaikan jembatan tidak bisa segera dilakukan.
 
“Jika kita pikirkan dan berbagi anggaran untuk perbaikan Jembatan Sei Miwan, saya yakin pasti bisa. Jadi sisihkan anggaran untuk pembangunan jembatan tersebut, baik itu melalui APBD kabupaten maupun melalui APBN,” pinta Rayaniatie.

Baca juga: Bupati Gunung Mas: Germas harus dimulai dari keluarga
 
Terpisah, Kepala DPU Gunung Mas Baryen melalui Kepala Bidang Bina Marga Bambang Jaya mengatakan, Jembatan Sei Miwan merupakan jembatan kayu dengan panjang sekitar 60 meter. Jembatan itu merupakan aset pemerintah kabupaten.
 
Dia mengakui, banyak jembatan di wilayah kabupaten bermoto ‘Habangkalan Penyang Karuhei Tatau’ yang kondisinya rusak berat. Untuk jembatan di ruas jalan Kuala Kurun-Sepang tercatat ada tiga jembatan yang rusak berat.
 
Tiga jembatan yang dimaksud adalah Jembatan Sei Konjoi, Jembatan Sei Rawi, dan Jembatan Sei Miwan. Ketiganya berada di wilayah Kecamatan Kurun.
 
“Sepanjang anggaran tersedia, perbaikan akan kami lakukan. Kami juga berharap semoga ada tambahan anggaran dari dana aspirasi,” demikian Bambang Jaya.

Baca juga: Turunkan angka stunting, Pemkab Gumas perkuat ketahanan pangan

Baca juga: Kajari Gumas baru diharapkan wujudkan keadilan bagi masyarakat

Baca juga: DPRD Gunung Mas nilai data kependudukan perlu diuji petik