Pemkab Gumas kucurkan miliaran rupiah perbaiki empat jembatan

id Pemkab Gumas kucurkan miliaran rupiah perbaiki 4 jembatan, kalteng, gumas, Gunung mas

Pemkab Gumas kucurkan miliaran rupiah perbaiki empat jembatan

Arsip – Bupati Gumas Jaya S Monong, Kepala DPU Baryen dan lainnya, meninjau Jembatan Sei Rawi II di Kecamatan Kurun, Kamis (23/9/2021). ANTARA/HO-PWI Gumas

Kuala Kurun (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah, mengucurkan dana miliaran rupiah dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) kabupaten tahun anggaran 2024, untuk melakukan perbaikan terhadap empat jembatan yang ada di daerah setempat.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Gumas Baryen saat dihubungi dari Kuala Kurun, Rabu, mengatakan bahwa empat jembatan yang dimaksud yakni Sei Rawi II, Sei Miwan, Maraya, dan Sei Rasau.

“Perbaikan terhadap empat jembatan tersebut akan segera dimulai dan targetnya semua bisa fungsional pada tahun 2024 ini juga. Mohon dukungannya agar semua bisa berjalan dengan lancar,” kata dia.

Baryen menjelaskan, Jembatan Sei Rawi II dan Jembatan Sei Miwan terletak di Kecamatan Kurun. Untuk perbaikan Jembatan Sei Rawi II, Pemkab Gumas menyiapkan Rp3,1 miliar dan untuk Jembatan Sei Miwan Rp4 miliar.

Kemudian untuk Jembatan Maraya yang terletak di Kecamatan Damang Batu, Pemkab Gumas menyiapkan Rp2,250 miliar. Sedangkan untuk Jembatan Sei Rasau yang terletak di Kecamatan Rungan disiapkan Rp6 miliar.

Baca juga: Wakapolres Gunung Mas dan Kapolsek Tewah berganti

Nantinya jenis jembatan antara yang satu dengan jembatan yang lain juga ada yang berbeda-beda. Namun yang pasti semua ditargetkan bisa fungsional tahun 2024.

Lebih lanjut, saat perbaikan Jembatan Sei Rawi II dimulai, maka selama perbaikan arus lalu lintas akan dialihkan. Masyarakat dalam hal ini pengendara kendaraan bermotor akan diarahkan menggunakan Jembatan Sei Rawi I.

Sedangkan saat perbaikan Jembatan Sei Miwan dimulai, nanti akan dibangun jembatan penghubung sementara yang terletak di samping jembatan yang ada saat ini, supaya tidak mengganggu arus lalu lintas.

Sebelumnya, Bupati Gumas Jaya S Monong mengatakan rehabilitasi jembatan bertujuan untuk mendukung konektivitas antar kecamatan dan antar desa.

“Penanganan terhadap jembatan-jembatan kayu di sejumlah kecamatan tetap menjadi perhatian dan prioritas pemerintah kabupaten,” demikian Jaya.

Baca juga: Wabup: Jangan kendor walau angka stunting Gumas 2023 turun

Baca juga: Gedung baru PN Kuala Kurun wujud komitmen MA tingkatkan pelayanan

Baca juga: 'Dating Menari 2024' jadi wadah generasi muda Gumas asah bakat