Teras Narang paparkan potensi dan tantangan Kalteng ke Rotary Club

id Anggota DPD RI, Agustin Teras Narang, DPD RI, Teras Narang, Kalimantan Tengah, Kalteng, Rotari Club Jakarta Metropolitan, Teras Narang paparkan kalten

Teras Narang paparkan potensi dan tantangan Kalteng ke Rotary Club

Senator asal Kalimantan Tengah Agustin Teras Narang (kanan) saat bertemu anggota Rotari Club Jakarta Metropolitan di Jakarta, Kamis (29/9/2022). ANTARA/HO-Tim Teras Narang.

Palangka Raya (ANTARA) - Anggota DPD RI Agustin Teras Narang membenarkan bahwa dirinya ada menyampaikan berbagai potensi maupun tantangan yang dihadapi Provinsi Kalimantan Tengah, kepada Rotary Club of Jakarta Metropolitan.

Penyampaian informasi tersebut karena club ini merupakan bagian dari Rotary Internasional atau organisasi kemanusiaan yang sudah berusia 117 tahun dan menghimpun para pebisnis maupun profesional, kata Teras Narang dalam pernyataan tertulis yang diterima di Palangka Raya, Kamis.

"Club yang beranggotakan sekitar 1,4 juta individu ini memiliki tujuan mulia, yakni memberikan pelayanan masyarakat, mempromosikan integritas, dan memajukan niat baik, perdamaian dan pengertian di dunia," beber dia.

Berdasarkan informasi yang diberikan dirinya tentang kondisi dan potensi Kalteng, Rotary Club of Jakarta Metropolitan tertarik dengan isu kehutanan dengan beragam tantangannya. Termasuk bagaimana hutan dapat memberi dampak keberlanjutan,kelestarian, dan kesejahteraan bagi masyarakat, khususnya masyarakat adat.

"Saya pun ada menekankan betapa pentingnya kelestarian dan keragaman hutan bagi kehidupan masyarakat kini dan akan yang akan datang.
Termasuk keinginan saya agar masyarakat, masyarakat adat, pemerintah serta pelaku investasi, mesti diikat dalam satu semangat kolaborasi," kata Teras Narang.

Mantan Gubernur Kalteng periode 2005-2015 itu juga mendapatkan masukan dari rotarian yang berprofesi sebagai ahli konservasi. Di mana rotarian itu memberi perspektif tentang bagaimana cagar alam dan pusat konservasi mestinya ditingkatkan peran ekonominya lewat promosi, bukan dibatasi.

Baca juga: Teras Narang: Penanganan PMK harus menjawab kebutuhan peternak

"Taman nasional kita yang kaya mestinya turut jadi salah satu sumber pendorong kesejahteraan bagi masyarakat kita," kata dia. 

Teras Narang yang turut didampingi putrinya Bernika Yustisiana Narang itu pun berharap adanya ajang pertukaran informasi ini, dapat membuat sejumlah anggota Rotary Club of Jakarta Metropolitan melirik Kalteng, baik itu sebagai lokasi wisata, investasi, tempat berbagi layanan kemanusiaan dan kepedulian sosial.

"Termasuk dalam mendukung peningkatan kualitas pendidikan,kesehatan,dan kesejahteraan, serta kelestarian hutan yang menopang masa depan daerah kita," demikian senator asal Kalteng.

Baca juga: Teras Narang: Gubernur Kalteng dan guru perlu berdialog langsung terkait TKD

Baca juga: Teras Narang minta Pusat segera bantu pengadaan jembatan timbang di Kalteng