Ini nama-nama calon hakim agung yang lolos seleksi administrasi

id calon hakim agung,Komisi Yudisial ,seleksi administrasi ,kamar agama,kamar pidana

Ini nama-nama calon hakim agung yang lolos seleksi administrasi

Ketua Bidang Rekrutmen Hakim KY Siti Nurdjanah. (ANTARA/Muhammad Zulfikar Harahap).

Jakarta (ANTARA) - Komisi Yudisial (KY) Republik Indonesia mengumumkan nama-nama calon hakim agung yang dinyatakan lolos pada tahap seleksi administrasi tahun 2022.

"Setelah melakukan penelitian dan verifikasi berkas administrasi, Komisi Yudisial RI mengumumkan nama-nama calon hakim agung yang memenuhi persyaratan administrasi," kata Ketua Bidang Rekrutmen Hakim KY Siti Nurdjanah di Jakarta, Selasa.

Untuk kamar pidana terdapat 43 nama calon hakim yang lolos, di antaranya Dr Joni yang saat ini menjabat sebagai Hakim Tinggi Pengadilan Denpasar, Jon Efferedi Hakim Tinggi di Pengadilan Tinggi Pekanbaru, Abdul Azis Hakim Tinggi Pengadilan Tinggi Medan, dan Prof Abdul Latif Guru Besar Ilmu Hukum Universitas Krisnadwipayana.

Baca juga: KPK diminta usut dugaan KKN rekrutmen hakim agung

Berikutnya, untuk kamar perdata panitia seleksi mengumumkan sembilan nama yang lolos, yaitu Anita Kadir, Aswan Nurcahyo, Hisbullah Idris, Hudali Mukti, Lucas Prakoso, M. Alif Hasbullah, Marihot Janpieter Hutajulu, Mince Hamzah, dan Zeto Bachri.

Untuk kamar agama, KY mengumumkan 22 nama yang lolos di antaranya Yulkifli Yus saat ini menjabat sebagai Ketua Mahkamah Agung Syar'iyah Aceh, Yusuf Buchori Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Yogyakarta, dan Syaifuddin Hakim Tinggi Pengadilan Tinggi Agama Medan.

Selanjutnya, untuk kamar tata usaha negara terdapat enam calon hakim yang dinyatakan lolos seleksi administrasi, yaitu Disiplin F. Manao, Prof Judhariksawan, Lulik Tri Cahyaningrum, Mustamar, Nurman Sutrisno, dan Setyawati.

Baca juga: KPK amankan dokumen kasus dugaan suap perkara dari Gedung MA

Kuota kamar tata usaha negara khusus pajak, panitia seleksi mengumumkan delapan nama yang lolos, yakni AK Setiyono, Arifin Halim, Doni Budisono, Eddy Sutarto, Ruwaidah Afiyanti, Tiyono Martanto, Wahyudi, dan Prof Yeheskiel Minggus Tiranda.

Siti mengatakan nama-nama yang dinyatakan lolos berhak mengikuti seleksi kualitas yang akan dilaksanakan pada 17 hingga 18 Oktober 2022. Untuk materi seleksi kualitas meliputi menulis makalah di tempat dengan judul ditentukan KY.

Kemudian studi kasus hukum, studi kasus kode etik, dan pedoman perilaku hakim (KEPPH) dan terakhir tes objektif.

Pengumuman tersebut tertuang dalam surat dengan Nomor 11/PENG/PIM/RH.01.02/10/2022 tentang Hasil Seleksi Calon Hakim Agung Republik Indonesia Tahun 2022/2023.

Baca juga: Kasus dugaan suap Hakim Agung Sudrajad Dimyati, KPK geledah gedung MA

Baca juga: KPK imbau empat tersangka suap pengurusan perkara di MA kooperatif

Baca juga: KPK sita ratusan ribu dolar Singapura dari OTT suap perkara di MA