Bupati dan Kapolres Katingan berharap TNI semakin jaya

id Bupati dan Kapolres Katingan berharap TNI semakin jaya, kalteng, tni, katingan, Sakariyas

Bupati dan Kapolres Katingan berharap TNI semakin jaya

Bupati Katingan Sakariyas dan Kapolres Katingan AKBP P. Sonny Bhakti W. ANTARA/Fernando Rajagukguk

Palangka Raya  (ANTARA) - Bupati Katingan Kalimantan Tengah Sakariyas menyampaikan di usianya yang ke-77 Tentara Nasional Indonesia (TNI) diharapkan semakin jaya dan sukses terus dalam mengawal keamanan dan ketertiban Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Masyarakat dan Pemkab Katingan mengucapkan selamat HUT ke-77 TNI, semoga sukses terus dan semakin jaya ke depannya," kata Sakariyas seusai mengikuti upacara peringatan HUT ke-77 TNI di Makorem 102 Panju Panjung di Palangka Raya, Rabu.

Dikatakannya, sesuai amanat Panglima TNI, hasil survei lembaga survei Indikator Politik Indonesia (IPI) pada 24 Juni 2022, TNI mendapatkan kepercayaan publik sebesar 93,2 persen.

Kemudian lembaga survei Center of Strategic and International Studies (CSIS) pada 27 September 2022 merilis hasil survei dukungan dan kepuasan kinerja TNI terhadap demokrasi sebesar 93,5 persen.

Menurutnya, tidak heran jika TNI meraih nilai tertinggi dalam setiap survei yang dilakukan oleh lembaga survey di Indonesia. Hal tersebut tercermin dari perilaku dan kinerja jajaran prajurit TNI baik dari tamtama, bintara, perwira pertama, perwira menengah dan perwira tinggi atau jenderal.

"Saya juga termasuk orang yang iri sekaligus bangga karena TNI berdasarkan hasil lembaga survei meraih poin tertinggi mendapatkan kepercayaan rakyat. Paling tidak kita Katingan bisa mengikutinya," ucapnya.

Di tempat yang sama Kapolres Katingan AKBP P. Sonny Bhakti W mendoakan TNI senantiasa semakin jaya, semakin maju, semakin profesional. Hal yang terpenting adalah semakin bersinergi dengan pemda dan kepolisian dalam hal ini polres dan seluruh pemangku kepentingan.

Baca juga: Berikut lima strategi percepatan penurunan stunting di Katingan

"Meningkatnya sinergitas dan kolaborasi antar instansi seperti TNI, Polisi, pemda dan masyarakat diharapkan dapat menciptakan Katingan yang selalu dalam keadaan kondusif dan aman serta damai," ujarnya.

Dalam kesempatan itu Sonny membeberkan pihaknya saat ini sedang melaksanakan Operasi Zebra Telabang 2022 sampai 14 hari ke depan. Tujuannya mewujudkan ketertiban berkendara dan tercipta keamanan, ketertiban, keselamatan dan kelancaran berlalu lintas (Kamseltibcarlantas).

Operasi Zebra Telabang 2022 yang digelar mulai 3 hingga 16 Oktober 2022 juga bertujuan untuk mempersiapkan menjelang hari raya Natal dan tahun baru 2023 dengan tema 'Tertib Berlalu Lintas Guna Mewujudkan Kamseltibcarlantas Yang Presisi'.

Dia menyebutkan kondisi arus lalu lintas di Katingan cukup lancar atau tidak terjadi kemacetan. Namun di sisi lain setiap terjadi kecelakaan lalu lintas hampir semuanya berakibat fatal yakni adanya korban yang meninggal dunia.

"Selain mengedepankan tindakan preventif dan pre-emtif, kami juga melakukan penegakan hukum terhadap tujuh sasaran prioritas yang berakibat fatal dalam kecelakaan lalu lintas," demikian Sonny Bhakti.

Berikut ini tujuh sasaran prioritas pelanggaran dalam pelaksanaan Operasi Zebra Telabang 2022 pertama berkendara sambil bermain handphone, kedua pengemudi di bawah umur, ketiga berboncengan lebih dari satu orang dan keempat tidak menggunakan helm Standar Nasional Indonesia (SNI).

Kemudian kelima pengemudi dalam pengaruh alkohol, keenam pengendara kendaraan bermotor melawan arus dan ketujuh dilarang berkendara melebihi batas kecepatan maksimum.

Baca juga: Pemprov dan dua kabupaten di Kalteng raih penghargaan dalam ajang BKN Award

Baca juga: Distransnaker Katingan konsultasi ke BBPVP mantapkan pembentukan BLK

Baca juga: Tujuh prioritas Polres Katingan saat Operasi Zebra Telabang 2022