Distransnaker Katingan konsultasi ke BBPVP mantapkan pembentukan BLK

id Distransnaker Katingan konsultasi ke BBPVP mantapkan pembentukan BLK, kalteng, Katingan, kasongan

Distransnaker Katingan konsultasi ke BBPVP mantapkan pembentukan BLK

Kepala Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja Katingan, Hariawan (tiga dari kanan). ANTARA/HO-Dokumentasi Pribadi

Kasongan (ANTARA) - Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja (Distransnaker) Katingan, Kalimantan Tengah melakukan kunjungan kerja ke Balai Besar Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BBPVP) di Bekasi dalam rangka memantapkan rencana pembentukan Balai Latihan Kerja (BLK) di daerah setempat.

"Di BBPVP kami menyampaikan seputar rencana pembentukan BLK di Katingan. Kami juga mengajukan permohonan agar bisa dibantu untuk mewujudkannya," kata Kepala Dinas Transnaker Katingan, Hariawan di Kasongan, Selasa.

Menurutnya, peran BLK sangat penting dan strategis dalam upaya menyiapkan tenaga kerja yang berkualitas dan berkompetensi sesuai dengan kebutuhan pembangunan dan pasar kerja.

BLK adalah prasarana dan sarana tempat pelatihan bagi pencari kerja untuk mendapatkan keterampilan atau yang ingin mendalami keahlian di bidang masing-masing.

Direncanakan bidang pelatihan yang ada pada BLK diantaranya elektronik, montir, perhotelan, peternakan, tata rias dan sejumlah pelatihan lain yang dapat memberdayakan masyarakat Katingan. Pesertanya merupakan generasi muda dan warga yang putus sekolah serta yang ingin mengembangkan usahanya.

"Selain ke BBPVP kami juga mengunjungi Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia (Kemnaker) dan Pusat Pasar Kerja (Pasker) di Jakarta," ucap dia.

Baca juga: Tujuh prioritas Polres Katingan saat Operasi Zebra Telabang 2022

Hariawan menjelaskan kedatangan mereka ke Pusat Pasker untuk berkonsultasi sekaligus mengajukan permohonan dukungan dalam pelaksanaan kegiatan Job Fair yang akan dilaksanakan pada November di Katingan.

Sementara itu kunjungan ke Kemnaker RI bertujuan untuk berkonsultasi dan mendalami mengenai penyusunan Rencana Tenaga Kerja Daerah (RTKD) Katingan. Di Kemnaker RI pihaknya bertemu dengan Kepala Badan Perencanaan dan Pengembangan Ketenagakerjaan  Kemnaker dan narasumber yang siap hadir ke Kasongan.

"Kami memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada pimpinan ketiga lembaga tersebut yang telah menerima kami dengan ramah dan terbuka serta banyak memberikan berbagai petunjuk dan masukan-masukan yang positif," ujarnya.

Kepala Balai BPVP menyatakan siap membantu terwujudnya BLK di Katingan dan hadir langsung membantu pelaksanaan Perluasan Kesempatan Kerja (PKK) yang akan dilaksanakan di Kecamatan Kamipang.

"Dari konsultasi tersebut semakin kuat niat kami untuk mempersiapkan dan mematangkan pembentukan UPT BLK di Katingan. Harapannya dapat memberikan sejumlah program pelatihan yang betul-betul berdampak untuk masyarakat," demikian Hariawan.

Baca juga: Masyarakat dambakan akses jalan Pegatan-Sebangau Jaya segera terhubung

Baca juga: Pendaftar Panwascam Katingan penuhi keterwakilan perempuan 30 persen

Baca juga: Sekda: Penanaman sejuta pohon selaras dengan 'Kasongan Kota Hijau'