Pemkab ajak pelaku dunia usaha ikut bantu penanganan sosial di Kapuas

id pelaku dunia usaha ikut bantu tangani masalah sosial di kapuas, pelaku usaha, Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, kapuas, kalteng, dinas sosial kapua

Pemkab ajak pelaku dunia usaha ikut bantu penanganan sosial di Kapuas

Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat saat membuka kegiatan Temu Koordinasi Potensi Dunia Usaha, di salah satu Aula Hotel di Kota Kuala Kapuas, Kamis (6/10/2022). ANTARA/ All Ikhwan.

Kuala Kapuas (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, melalui Dinas Sosial setempat mengajak serta mendorong pelaku dunia usaha di wilayah setempat, untuk membantu pemerintah dalam penanganan permasalahan sosial melalui program corporate social responsibility (CSR).

Ajakan itu disampaikan Kepala Dinas Sosial Kabupaten Kapuas Budi Kurniawan usai mengikuti pembukaan kegiatan Temu Koordinasi Potensi Dunia Usaha yang dibuka secara resmi oleh Bupati Ben Brahim S Bahat  di  Kuala Kapuas, Kamis.

"Temu koordinasi yang kami laksanakan ini memang dalam rangka mendorong peran dunia usaha di wilayah ini ikut membantu menangani permasalahan sosial," ucapnya.

Dikatakan, temu koordinasi ini juga dalam rangka meningkatkan peran dan kerjasama perusahaan-perusahaan di Kabupaten Kapuas, untuk penyelenggaraan kesejahteraan sosial baik itu di bidang pendidikan, kesehatan, sosial budaya, keagamaan maupun infrastruktur bagi individu, keluarga, kelompok maupun masyarakat pada umumnya.

Budi mengatakan, pada kesempatan pertemuan ini nanti pemerintah daerah akan memaparkan apa-apa yang menjadi poin-poin penting yang bisa bersama-sama bersinergi antara pemerintah daerah dan pihak dunia usaha, agar bersama-sama memberikan pelayanan maupun pembangunan kepada masyarakat khususnya di Kabupaten Kapuas

"Selain itu penanganan permasalahan lain dalam rangka penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat, semacam temu koordinasi CSR perusahaan," kata dia.

Baca juga: Tujuh warga Kapuas diduga keracunan usai menyantap jamur

Menurut Kepala Dinsos Kapuas itu, berbagai permasalahan yang dihadapi tentu tidak mungkin di selesaikan oleh pemerintah semata, namun peran dunia usaha dan sektor-sektor usaha seperti ini menjadi sangat strategis untuk membantu pemerintah dalam memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat khususnya di wilayah kabupaten setempat.

Melalui kegiatan yang dilaksanakan, pihaknya mengharapkan nantinya poin-poin kesepakatan bersama dalam rangka mendukung pembangunan di daerah setempat, dapat berjalan sesuai harapan bersama.

"Jadi poin-poin itu disepakati, dan salah satunya, misalnya apa yang dilaksanakan oleh Asmin, misalnya memperdayakan penyandang disabilitas, pendidikan atau kesehatan dan lain-lain, nanti kita akan sepakati poin-poin itu menjadi rencana kerja bersama pemerintah daerah dan juga dunia usaha dalam rangka mendukung program CSR mereka di wilayah Kabupaten Kapuas," demikian Budi.

Baca juga: Pengembangan budi daya hortikultura di Mantangai Hulu dukung ketahanan pangan