Bupati Bartim: Penyediaan markas sebagai bentuk dukungan pemkab terhadap PMI

id Pemkab bartim, pmi bartim, palang merah indonesia, penyediaan markas pmi, kemanusiaan, gerakan sosial, tamiang layang, bartim, barito timur

Bupati Bartim: Penyediaan markas sebagai bentuk dukungan pemkab terhadap PMI

Ketua PMI Kalteng Suhaemi melantik Dewan Kehormatan dan Pengurus Kabupaten PMI Barito Timur periode 2021-2026 di aula rumah jabatan Bupati Barito Timur, Sabtu, (22/10). (ANTARA/Habibullah)

Tamiang Layang (ANTARA) -
Bupati Barito Timur, Kalimantan Tengah, Ampera AY Mebas menyatakan dukungan terhadap Palang Merah Indonesia (PMI) setempat dengan menyediakan markas dan mobil operasional.
 
“Kita upayakan ada (dana operasional) untuk operasional PMI Barito Timur,” kata Ampera AY Mebas di Tamiang Layang, Sabtu.
 
Menurutnya, PMI Barito Timur kedepannya diharapkan tidak hanya terpaku pada kegiatan donor darah saja, tetapi pada program sosial di bidang kemanusian dan kebencanaan secara umum.
 
Ketua PMI Barito Timur, Munita Mustika Dewi menegaskan, langkah awal yang diambilnya yakni pembinaan terhadap relawan-relawan yang bersama-sama dengan PMI Barito Timur.
 
“Sifatnya sukarelawan jadi kami akan menghimpun relawan-relawan yang siap bekerja sama dan mendukung PMI Barito Timur dalam melaksanakan aksi kemanusiaan,” terangnya.

Baca juga: Kemenag Bartim harapkan santri mampu kuasai iptek
 
Sementara itu, Ketua PMI Kalteng Suhaemi mengapresiasi langkah awal Munita Mustika Dewi dalam mempersiapkan atau membina relawan-relawan untuk menopang kinerja maupun program PMI Barito Timur.
 
“Di dalam PMI yang melaksanakan tugas-tugas kemanusiaan adalah relawan bukan pengurus, pengurus hanya mengatur saja. Jika terjadi bencana, relawan akan turun ke lapangan,” jelasnya.
 
Suhaemi berharap relawan merupakan elemen dari masyarakat yang telah dilatih, agar memiliki kemampuan dan keterampilan untuk penanganan bencana, baik bencana alam, wabah maupun konflik sosial.
 
“Wabah seperti COVID-19 ini yang turun juga ada dari relawan PMI,” jelasnya.
 
Adapun Ketua PMI Kalteng Suhaemi melantik Dewan Kehormatan dan Pengurus PMI Barito Timur periode 2021-2026 di aula rumah jabatan Bupati Barito Timur, Sabtu, (22/10).
 
Pelantikan ditandai dengan pembacaan surat keputusan Pengurus PMI Kalteng tentang pengesahan Dewan Kehormatan dan Pengurus PMI Barito Timur, penyematan pin dan penyerahan bendera PMI kepada pengurus yang baru.

Baca juga: Pemkab Bartim persiapkan APBD 2023 sesuai kebijakan pusat

Baca juga: Bupati Bartim ingatkan pelaksanaan pekerjaan fisik berisiko dipertimbangkan

Baca juga: DPRD dan Pemkab Bartim sepakati prolegda 2023