Kontraktor pelaksana proyek fisik Pemkot Palangka Raya diminta antisipasi cuaca ekstrem

id DPRD Palangka Raya,Palangka Raya,Kalteng,Sigit K Yunianto,SKY,Kontraktor yang mengerjakan proyek fisik diminta antisipasi cuaca ekstrem

Kontraktor pelaksana proyek fisik Pemkot Palangka Raya diminta antisipasi cuaca ekstrem

Ketua DPRD Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah Sigit K Yunianto saat disambangi wartawan di ruang kerjanya, Senin (24/10/2022). ANTARA/Adi Wibowo

Palangka Raya (ANTARA) - Ketua DPRD Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah Sigit K Yunianto meminta para kontraktor yang mengerjakan proyek fisik milik pemerintah kota setempat, agar dapat mengantisipasi munculnya sejumlah kendala pada cuaca ekstrem.

"Harus diperhitungkan dengan matang, jangan sampai nantinya dengan kendala-kendala yang dialami malah menjadi persoalan di kemudian," katanya di Palangka Raya, Senin.

Selain mengantisipasi kendala-kendala yang bisa menghambat pembangunan proyek yang bersumber dari, Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) pemkot setempat, agar proyek yang sudah dirancang benar-benar berdiri dengan kokoh.

Jangan sampai para kontraktor menyuruh para pekerjanya untuk kerja asal-asalan, sehingga kualitas proyek pembangunan fisik yang dikerjakan tidak sesuai yang dikehendaki.

"Saya juga berharap proyek pembangunan fisik yang dilakukan oleh para kontraktor, benar-benar sesuai perencanaan dan kokoh sehingga bangunan tersebut tahan lama," ucapnya.

Ketua Asosiasi DPRD Kota Seluruh Indonesia (ADEKSI) itu juga menuturkan, sebagai wakil rakyat pihaknya juga akan gencar melakukan pengawasan terhadap proyek-proyek milik pemkot setempat yang telah dikerjakan para kontraktor.

Pengawasan tersebut dilakukan, tentunya juga mencegah terjadinya penurunan kualitas terhadap bangunan yang dibangun serta lain sebagainya.

"Karena kalau hal tersebut tidak diawasi, tentunya akan menjadi persoalan baru di kemudian hari. Beruntungnya selama ini tidak pernah ditemukan terkait hal tersebut," beber Sigit yang akrab disapa SKY.

Baca juga: Ketua DPRD Palangka Raya imbau warga tak beli obat tanpa resep dokter

Diingatkan orang nomor satu di DPRD Kota Palangka Raya, proyek fisik yang mudah dipantau kasat mata yakni proyek peningkatan jalan dan drainase.

Peningkatan jalan tersebut seperti pengaspalan jalan, meningkatkan kualitas pembangunan drainase karena hampir setiap hari dua hal manfaatnya benar-benar dirasakan oleh masyarakat banyak.

"Masyarakat diminta ketika fasilitas umum telah dibangun dengan baik, alangkah baiknya juga harus ikut memelihara. Apalagi selama ini banyak fasilitas yang dibangun oleh pemkot malah dibiarkan sehingga tidak dijaga dengan baik, ketika tidak berfungsi atau rusak mengeluhnya ke pemkot," demikian Sigit K Yunianto.

Baca juga: Ketua DPRD Palangka Raya sebut olahraga bersepeda mampu kurangi emisi gas

Baca juga: Biasakan PHBS saat musim hujan untuk cegah tubuh tidak diserang penyakit

Baca juga: Pemkot Palangka Raya diminta perhatikan sistem koneksi saluran drainase perkotaan