Biasakan PHBS saat musim hujan untuk cegah tubuh tidak diserang penyakit

id DPRD Palangka Raya,Palangka Raya,Kalteng,Sigit K Yunianto,Musim Hujan,Pancaroba,Ketua DPRD Palangka Raya: Biasakan pola hidup sehat saat musim hujan

Biasakan PHBS saat musim hujan untuk cegah tubuh tidak diserang penyakit

Ketua DPRD Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah Sigit K Yunianto saat menyerahkan paket sembako murah secara simbolis di acara Operasi Pasar Murah kepada warga yang berada di Kelurahan Tanjung Pinang beberapa waktu lalu. ANTARA/Adi Wibowo

Palangka Raya (ANTARA) - Ketua DPRD Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Sigit K Yunianto meminta masyarakat di daerah setempat untuk membiasakan diri pola hidup bersih dan sehat (PHBS), pada musim hujan yang melanda daerah setempat.

"Dengan pola hidup sehat seperti rajin berolahraga, mengkonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran yang mengandung vitamin menjadi salah satu menjaga daya tahan tubuh, agar tidak mudah sakit," katanya di Palangka Raya, Selasa.

Penyakit yang sering muncul saat musim hujan yakni, berkembangnya nyamuk Demam Berdarah Dengue (DBD), flu, batuk, diare, disentri, cacingan dan infeksi saluran pernafasan.

Guna menangkal agar penyakit di musim pancaroba itu tidak menyerang tubuh masyarakat, juga wajib membiasakan PHBS.

"Biasanya yang berpotensi tinggi kondisi cuaca seperti sekarang ini, yakni batuk dan pilek serta demam. Namun hal tersebut dapat dicegah dengan pola PHBS tadi dan sering-sering membersihkan lingkungan rumah masing-masing," katanya.

Orang nomor satu di lingkup DPRD Kota Palangka Raya itu juga menegaskan, masyarakat diimbau untuk rutin memantau dan mengecek kondisi lingkungan sekitar rumahnya.

Salah satunya seperti membuang genangan air dari berbagai tempat yang dapat berpotensi menjadi tempat berkembangbiak wabah DBD. Kemudian membersihkan kotoran sampah rumah tangga, agar tidak menjadi sumber penyakit.

"Cuaca di kota kita ini terkadang hujan terkadang panas. Itu salah satu juga dapat membahayakan daya tahan tubuh manusia. Apalagi kalau wabah DBD dengan kondisi seperti itu cepat sekali berkembangnya," ungkap pria yang hobi dengan olahraga motor gede (moge) itu.

Di lokasi yang berbeda Kepala Dinas Kesehatan Kota Palangka Raya Andjar H Purnomo,  juga mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk untuk mewaspadai penyebaran berbagai jenis penyakit saat musim hujan.

"Saat ini Kota Palangka Raya semakin intensif diguyur hujan, maka dari itu kami imbau kembali kepada masyarakat untuk mewaspadai penyakit yang berpotensi muncul saat cuaca seperti sekarang ini," demikian Andjar H Purnomo.