Ketua DPRD Palangka Raya ajak masyarakat bersama cegah stunting

id DPRD Palangka Raya,Palangka Raya,Kalteng,Stunting,Sigit K Yunianto,SKY,Ketua DPRD Palangka Raya ajak masyarakat bersama cegah stunting

Ketua DPRD Palangka Raya ajak masyarakat bersama cegah stunting

Ketua DPRD kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah SIgit K Yunianto. ANTARA/Adi Wibowo

Palangka Raya (ANTARA) - Ketua DPRD Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah Sigit K Yunianto mengajak masyarakat untuk bersama-sama mencegah terjadinya stunting yang dapat mempengaruhi tumbuh kembang anak di daerah setempat.

"Persoalan sunting di negara kita pada umumnya menjadi masalah yang cukup serius yang perlu dihadapi secara bersama, apalagi hal tersebut terjadi karena kurangnya gizi salah yakni anemia," katanya di Palangka Raya, Selasa.

Dia menuturkan, agar anak-anak yang berada di ibu kota provinsi setempat tidak terkena stunting para orang tua disarankan agar selalu memberikan asupan gizi kepada anak-anaknya. 

Misalnya seperti perbanyak makan-makanan yang bergizi seperti buah-buahan, sayur-sayuran dan ikan yang mengandung protein. dengan memperbanyak mengkonsumsi asupan gizi, persoalan stunting di daerah setempat tidak akan terjadi. 

"Pemerintah melalui instansi terkaitnya juga harus mensosialisasikan dan menggaungkan terkait hal tersebut, sehingga masyarakat dapat mencegah dengan maksimal terjadinya stunting di Kota Palangka Raya," ucapnya.

Menurut informasi yang dihimpun orang nomor satu di lingkup DPRD Kota Palangka Raya tersebut yakni, timbulnya masalah gizi pada anak-anak yang masih usia di bawah dua tahun erat kaitannya dengan persiapan kesehatan dan gizi seorang perempuan untuk menjadi calon ibu.

Termasuk remaja putri. Maka dari itu para remaja putri sebelum menikah benar-benar sangat diperlukan mengonsumsi makanan yang bergizi seimbang, seperti protein dan asupan kaya zat besi.

"Saat ini juga sudah dijalankan program gerakan nasional aksi bergizi, yang merupakan agenda nasional dan diinisiasi oleh Kementerian Kesehatan RI yang digelar secara serentak di seluruh Indonesia," ungkap Sigit. 

Baca juga: Ketua DPRD: Generasi muda di Palangka Raya harus kreatif

Ditambahkannya, program itu bertujuan untuk menekan kasus stunting melalui pemberian tablet tambah darah kepada remaja putri. Salah satunya kepada remaja putri rentan anemia yang merupakan salah satu faktor penyebab stunting. 

Melalui gerakan nasional aksi bergizi tersebut, diharapkan dapat meningkatkan literasi warga sekolah tentang pentingnya konsumsi gizi seimbang bagi anak dan remaja. 

"Saya mengingatkan terhadap remaja putri agar dapat mengkonsumsi tablet tambahan darah secara teratur setiap minggu. Kemudian jangan lupa mengkonsumsi makan-makanan yang mengandung vitamin dan berolahraga yang cukup agar tubuhnya selalu sehat," demikian Sigit K Yunianto yang akrab disapa SKY. 

 Baca juga: Ketua DPRD Palangka Raya ajak pemuda harus terlibat dalam pembangunan daerah

Baca juga: Ketua DPRD: Pembangunan infrastruktur di Kota Palangka Raya harus merata

Baca juga: Ketua DPRD ajak masyarakat pelihara kamtibmas di Palangka Raya