Bupati Pulang Pisau ingatkan PMI perkuat misi kemanusiaan

id Pemkab pulang pisau, pmi pulang pisau, bupati pulpis pudjirustaty narang, suhaemi, pmi kalteng, palang merah indonesia

Bupati Pulang Pisau ingatkan PMI perkuat misi kemanusiaan

Ketua PMI Kalimantan Tengah Suhaemi menyematkan pin kepada Bupati Pulang Pisau Pudjirustaty Narang yang dinilai aktif dalam pembinaan PMI di kabupaten setempat. (ANTARA/Adi Waskito)

Pulang Pisau (ANTARA) - Bupati Pulang Pisau, Kalimantan Tengah Pudjirustaty Narang meminta agar pengurus Palang Merah Indonesia (PMI) terus mengabdi dan memperkuat program-program dalam misi kemanusiaan.

“Kepada pengurus yang baru harus dapat melaksanakan misi kemanusian itu dengan penuh profesionalisme dan dedikasi tinggi,” kata Pudjirustaty di Pulang Pisau, Selasa.

Dikatakan Pudjirustaty, PMI merupakan koordinator dalam pelayanan kemanusiaan yang bergerak dalam bidang donor darah, diharapkan juga memberikan motivasi serta sosialisasi berkala agar tersampaikan kepada masyarakat, bahwa pentingnya sebagai pendonor.

“Dalam misi kemanusiaan setiap masa darurat, kecelakaan dan lainnya, keberadaan PMI harus berperan dalam penyediaan stok darah agar tetap tersedia, sehingga dapat mengurangi banyaknya korban karena kekurangan darah,” ucapnya.

Menurut Pudjirustaty, dengan kepengurusan PMI yang baru dilantik menjadi momen yang baik bagi PMI untuk berkembang dan mengabdikan diri pada misi-misi kemanusian.

Ketua PMI Pulang Pisau Muliyanto Budihardjo mengatakan dengan telah dilantiknya pengurus dan dewan kehormatan PMI masa bakti 2021-2026, aksi-aksi kemanusiaan terus diperkuat. Terlebih, kondisi sekarang ini adalah bulan-bulan yang rawan terjadi bencana.

“Dalam menjalankan aksi kemanusiaan kita melibatkan PMR, relawan, tokoh masyarakat, tokoh agama hingga awak media sehingga PMI bisa terus bergerak,” paparnya.

Baca juga: Bupati Pulang Pisau tekankan abdi negara kembangkan kreativitas dan inovasi

Target lainnya, terang Muliyanto, PMI berencana mengaktifkan bank darah serta memberikan sosialisasi kepada masyarakat, untuk bisa aktif mendonorkan darahnya sehingga pelayanan kebutuhan di kabupaten setempat bisa tercukupi.

"PMI juga berusaha memperkuat anggaran karena untuk memenuhi kebutuhan darah diperlukan peralatan yang cukup," terangnya.

Selain itu, dikatakan Muliyanto, dengan menggerakkan relawan yang disebar hingga tingkat kecamatan. Relawan bukan saja mencari para pendonor darah, tetapi bekerja untuk masalah-masalah yang berhubungan dengan kemanusiaan.

Sementara itu, Ketua PMI Kalimantan Tengah Suhaemi mengingatkan ke depan para pengurus di kabupaten/kota agar terus mengibarkan panji PMI untuk misi-misi kemanusiaan.

“Untuk saat ini kita memprioritaskan misi kemanusiaan di sejumlah daerah di Kalimantan Tengah yang terjadi bencana banjir, karena keberadaan PMI sebagai mitra dari pemerintah harus ikut berperan didalamnya,” kata Suhaemi.
     
Adapun pelantikan Pengurus dan Dewan Kehormatan PMI Kabupaten Pulang Pisau dilaksanakan di aula RSUD setempat. Ketua DPRD Ahmad Rifai dilantik sebagai Ketua Dewan Kehormatan PMI yang diisi nama-nama anggota DPRD di antaranya Fadli Rahman, Tandean Indra Bela, Suhardi, Arief Rahman Hakim, juga Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) setempat Ustaz Suryadi.

Baca juga: Dinas Sosial Pulang Pisau mulai salurkan BLT BBM kepada 333 penerima

Baca juga: Disbudpar Pulang Pisau terus tingkatkan peran dan fungsi pramuwisata

Baca juga: Tiga kecamatan di Pulang Pisau diberlakukan status siaga darurat banjir