Kajari Seruyan dorong jajaran pegawai semakin aktif dalam publikasi

id Kejaksaan seruyan, kejari seruyan, plh kajari seruyan erianto, kuala pembuang, seruyan, jaksa publikasi

Kajari Seruyan dorong jajaran pegawai semakin aktif dalam publikasi

Jajaran pegawai Kejari Seruyan mengikuti pembekalan di Kuala Pembuang, (2/11/2022). (ANTARA/Dokumentasi Pribadi)

Maka disanalah peran kita selaku lembaga penegak hukum memberikan pencerahan melalui tulisan yang dilengkapi dengan analisa mendalam
Kuala Pembuang (ANTARA) -
Plh Kepala Kejaksaan Negeri Seruyan, Kalimantan Tengah Erianto turun langsung memberikan pembekalan, motivasi dan kiat-kiat mempublikasikan kegiatan di media massa maupun media sosial kepada para pegawai atau jajarannya.
 
“Saya minta kepada semua jajaran pegawai Kejari Seruyan mempublikasikan setiap kegiatan yang dilakukan, agar masyarakat bisa mengetahui kinerja kita,” kata Erianto di Kuala Pembuang, Selasa.
 
Erianto yang sehari-hari menjadi koordinator Kejati Kalteng juga mendorong para pegawai membiasakan menulis artikel atau opini di media massa, sehingga terdorong untuk banyak membaca, memahami kasus menarik dan menuangkan pikiran dalam tulisan yang dapat memberi pencerahan bagi masyarakat. 
 
Menurutnya, tidak sedikit kalau dilihat informasi yang beredar di media sosial bahkan ada juga di media elektronik atau cetak yang butuh penjelasan lebih mendalam untuk masyarakat, agar tidak salah paham.
 
"Maka disanalah peran kita selaku lembaga penegak hukum memberikan pencerahan melalui tulisan yang dilengkapi dengan analisa mendalam,” terangnya.

Baca juga: Pemprov Kalteng gunakan helikopter antar bantuan untuk warga terdampak banjir
 
Dia berharap seluruh pegawai Kejari Seruyan dapat memulai untuk banyak membaca, menganalisa permasalahan yang ada baik dengan membaca buku, menelusuri berita, pendapat para ahli, termasuk putusan pengadilan sebagai referensi untuk selanjutnya dituangkan dalam tulisan.
 
“Semua butuh waktu dan pembiasaan, bila telah dimulai kemudahan itu pasti akan datang sendiri. Mudah-mudahan semangat ini juga bisa berkembang ke pegawai lainnya termasuk di satker-satker luar kejaksaan,” jelasnya.
 
Sementara itu, Kasubag Pembinaan Kejari Seruyan Joko Waluyo menyampaikan kegiatan yang diinisiasi Plh Kejari Seruyan itu diikuti seluruh pegawai, baik Jaksa maupun tata usaha termasuk pegawai honorer, dengan harapan semua bersinergi dan mampu mempublikasikan kegiatan-kegiatan positif ke masyarakat. 
 
Kegiatan yang sangat bermakna dan peserta sangat antusias karena baru pertama mendapatkan materi seperti ini, terutama untuk pegawai yang masih muda yang aktif di media sosial. 
 
Dijelaskannya, dalam pembekalan, pemateri memberi semangat kepada pegawai tentang banyak manfaat kegiatan yang dipublikasikan. Di antaranya masyarakat termasuk pada pegawai sendiri akan semakin semangat dan profesional dalam bekerja, khususnya dalam membuat rilis berita yang disampaikan ke media.
 
Hal ini sejalan dengan arahan pimpinan Kejaksaan, yakni sepanjang yang dilakukan adalah hal yang positif dan sesuai kenyataan bukan berpendapat apalagi berita menyesatkan, maka itu harus dilakukan.
 
“Selama ini kebanyakan instansi atau kantor aktif publikasi di media sosial memberitakan kegiatan, namun isinya tidak sedikit sekedar informasi sepintas saja, tanpa dilengkapi informasi penting yang bisa didapatkan dan memberikan pencerdasan kepada masyarakat sehingga kurang menarik,” tutupnya.

Baca juga: Bupati minta pengurus Karang Taruna Seruyan bersinergi dengan pemkab

Baca juga: DPRD Kalteng serap aspirasi warga di wilayah terdampak banjir

Baca juga: Pemkab Seruyan pacu pembangunan melalui Program Desa Cerdas dan Berakhlak