DPRD Palangka Raya ingatkan masyarakat waspadai varian baru COVID-19

id DPRD Palangka Raya,Palangka Raya,Kalteng,Nenie A Lambung,COVID-19 Varian Baru,DPRD Palangka Raya ingatkan masyarakat waspada terhadap varian baru COVI

DPRD Palangka Raya ingatkan masyarakat waspadai varian baru COVID-19

Ketua Komisi B DPRD Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah Nenie Adriati Lambung. ANTARA/Adi Wibowo

Palangka Raya (ANTARA) - Ketua Komisi B DPRD Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah Nenie Adriati Lambung mengingatkan masyarakat agar tetap waspada terhadap penularan COVID-19,  terlebih dengan munculnya varian baru XBB.

"Varian baru tersebut saat ini diduga menjadi pemicu naiknya kasus COVID-19 di sejumlah negara, maka dari itu untuk mengantisipasi masuknya hal tersebut masyarakat diminta senantiasa meningkatkan kewaspadaan," katanya di Palangka Raya, Jumat.

Meskipun di Palangka Raya terlihat aman dan landai, namun masyarakat disarankan untuk tetap menjalankan protokol kesehatan, khususnya menggunakan masker ketika beraktivitas di luar rumah.

Kemudian, membiasakan ketika hendak makan ataupun melakukan hal-hal lainnya, wajib mencuci tangan. Perantara wabah itu menyerang tubuh manusia, kebanyakan melalui tangan yang menghantarkan ke rongga-rongga tubuh seperti mulut, hidung, mata dan telinga.

"Pola hidup sehat juga harus dilakukan dengan cara perbanyak mengkonsumsi buah dan sayur-sayuran yang mengandung vitamin. Selanjutnya, membiasakan untuk olahraga rutin setiap harinya atau sebelum berangkat bekerja," katanya.

Baca juga: Asprov PSSI Kalteng tegaskan komitmen pembinaan atlet muda

Srikandi di DPRD Kota Palangka Raya itu juga menegaskan, meskipun di Kota Palangka Raya varian tersebut belum masuk, namun masyarakat diminta kembali memperketat seperti penggunaan masker, mencuci tangan dan lain sebagainya, guna memutus mata rantai virus yang sudah mendunia dan bermutasi menjadi varian-varian baru.

"Jangan sampai wabah itu menyerang daerah kita lagi, karena apabila terjadi maka perekonomian daerah dan masyarakat akan terganggu seperti tahun lalu," bebernya.

Legislator dari PDI Perjuangan itu juga mengimbau kepada masyarakat, apabila ada warga yang terpapar wabah varian baru tersebut agar segera melaporkan ke petugas kesehatan terdekat.

"Agar warga yang terpapar virus itu langsung diberikan tindakan dan diobati, agar wabah tersebut tidak menyebar ke orang lain," demikian Nenie Adriati Lambung.

Baca juga: Anggota DPRD Palangka Raya ajak masyarakat taat bayar PBB

Baca juga: Satgas TMMD-BNN berikan penyuluhan narkoba kepada pelajar

Baca juga: Tim Pora perkuat pengawasan orang asing di Bartim