Pemkab Kotim apresiasi swasta bantu pembangunan kawasan pesisir

id Pemkab Kotim apresiasi swasta bantu pembangunan kawasan pesisir, kalteng, kotim, sampit, kotawaringin Timur, bupati kotim, halikinnor, Irawati, Pulau

Pemkab Kotim apresiasi swasta bantu pembangunan kawasan pesisir

Bupati Halikinnor bersama Wakil Bupati Irawati melintasi jembatan titian ulin di Desa Babaung Kecamatan Pulau Hanaut yang baru diresmikan, Sabtu (5/11/2022). ANTARA/Norjani

Sampit (ANTARA) - Bupati Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, Halikinnor meresmikan jembatan titian di Desa Babaung Kecamatan Pulau Hanaut yang merupakan hasil bantuan sebuah perusahaan yang beroperasi di wilayah pesisir tersebut. 

"Kami berterima kasih kepada PT RMU karena ini sangat bermanfaat bagi masyarakat kami di sini. Selain memudahkan warga menuju permukiman, ini juga menjadi akses peziarah ke makam ulama kita almukarram Tuan Guru KH Muhammad Asri bin Haji Onder," kata Halikinnor di Desa Babaung, Sabtu. 

Halikinnor didampingi Wakil Bupati Irawati, Wakil Ketua I DPRD Rudianur, Camat Pulau Hanaut Sufiansyah dan pejabat lainnya. Ratusan warga turut menghadiri peresmian yang ditandai dengan penandatangan prasasti dan pemotongan rangkaian bunga. 

Jembatan titian ini terbuat dari kayu ulin. Panjang jembatan 50 meter dan lebar dia meter. Jembatan dibangun menyisir anak sungai menuju permukiman. 

Pulau Hanaut terletak di pesisir dan infrastrukturnya masih terbatas. Lokasinya yang berada di kawasan seberang pusat kota dipisahkan Sungai Mentaya, menjadi salah satu kendala pembangunan karena menyebabkan biaya tinggi. 

Pemerintah daerah terus berupaya membangun infrastruktur desa-desa di pesisir, sesuai dengan kemampuan keuangan daerah. Oleh karena itu pemerintah sangat terbantu dengan keterlibatan pihak swasta atau dunia usaha dalam membantu percepatan pembangunan. 



Pemerintah daerah berharap perusahaan meningkatkan batuan untuk pembangunan desa dan masyarakat. Masih banyak infrastruktur desa yang harus dibangun dan ditingkatkan untuk mendorong peningkatan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat. 

"Perusahaan kan juga memang ada kewajiban membantu melalui program CSR (tanggung jawab sosial perusahaan). Makanya kami sangat mengapresiasi perusahaan-perusahaan yang telah merealisasikan bantuan, bukan cuma mencari keuntungan di Kotawaringin Timur ini," ujar Halikinnor. 

Camat Pulau Hanaut Sufiansyah mewakili masyarakatnya menyampaikan terima kasih kepada perusahaan dan pemerintah kabupaten yang bersinergi dalam membantu peningkatan infrastruktur, khususnya jembatan titian tersebut. 

"Dengan adanya jembatan titian ini maka aktivitas masyarakat kami akan semakin lancar. Kami sangat berterima kasih atas bantuan ini," kata Sufiansyah. 

Niah, seorang warga setempat juga menyampaikan terima kasih atas bantuan tersebut. Jembatan titian itu sangat bermanfaat bagi warga setempat. 

"Terima kasih Pak Bupati dan PT RMU. Mudah-mudahan jalan-jalan di desa kami ini bisa terus ditingkatkan sehingga jalan mulus dan semakin lancar," harapnya.