Mitigasi cegah bencana kebakaran dan asap di Kalteng terus diperkuat

id Restorasi gambut, pemprov kalteng, sekda kalteng nuryakin, trgd kalteng, bencana kebakaran dan asap, karhutla, kebakaran

Mitigasi cegah bencana kebakaran dan asap di Kalteng terus diperkuat

Rapat koordinasi TRGD Kalteng 2022 di Palangka Raya, Kamis, (15/12/2022). (ANTARA/HO-Biro Adpim Setda Kalteng)

Palangka Raya (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah bersama Tim Restorasi Gambut Daerah (TRGD) memperkuat mitigasi dan persiapan untuk mencegah terjadinya bencana kebakaran dan asap.

"Mitigasi ini, di antaranya meliputi intervensi fisik pembangunan infrastruktur pembasahan gambut," kata Sekretaris Daerah Kalimantan Tengah, sekaligus Ketua TRGD Nuryakin di Palangka Raya, Kamis.

Selain itu, pihaknya juga melaksanakan peningkatan kesadaran maupun pengetahuan masyarakat melalui sosialisasi dan edukasi, termasuk di dalamnya upaya peningkatan kapasitas sumber daya manusia (SDM).

"Kami juga melakukan pengarusutamaan informasi dalam menjaga serta melestarikan sumber daya alam (SDA) khususnya di wilayah hutan maupun ekosistem gambut yang mudah terbakar," tuturnya.

Nuryakin menjelaskan, bencana kebakaran dan asap merupakan salah satu yang kerap terjadi di wilayah Kalimantan Tengah, karena di antaranya ekosistem gambut yang sudah rusak.

Ekosistem gambut alami yang selalu basah dan tergenang air, telah berubah menjadi kering yang dipicu berbagai hal dengan berbagai kepentingan.

Baca juga: Beras subsidi Pemprov Kalteng habis 3,5 ton dalam sehari

Dia mengatakan, beberapa wilayah gambut di Kalimantan Tengah telah mengalami kerusakan, yakni air muka tanah gambut sudah berada di bawah baku mutu kerusakan gambut 0,4 meter di bawah permukaan tanah.

"Oleh karenanya berbagai upaya mitigasi dan persiapan menjadi salah satu kunci dalam penanganan bencana kebakaran dan asap," ujarnya.

Lebih lanjut Nuryakin menyampaikan, kegiatan restorasi gambut memerlukan kerja sama dan dukungan semua pihak. Tak hanya pemerintah, tetapi juga masyarakat, pelaku usaha, akademisi dan lainnya.

Kemudian agar semuanya dapat terlaksana optimal, TRGD Kalteng telah menjalankan berbagai fungsi dengan baik, mulai dari melaksanakan koordinasi dalam penyusunan rencana perlindungan dan pengelolaan ekosistem gambut, hingga mengevaluasi pelaksanaan restorasi gambut di daerah secara periodik, serta lainnya.

Baca juga: Kalteng berhasil raih Penghargaan Keterbukaan Informasi Publik