Polri klaim perayaan Natal di Palangka Raya aman dan kondusif

id Polresta Palangka Raya,Kapolresta Palangka Raya Kombes Pol Budi Santosa,Pengamanan Natal,Nataru ,Polri klaim perayaan Natal di Palangka Raya aman dan

Polri klaim perayaan Natal di Palangka Raya aman dan kondusif

Anggota Kepolisian Polresta Palangka Raya, Kalaimantan Tengah melakukan pengecekan terhadap jamaat yang hendak melaksanakan ibadah Natal di Gereja Katedral Jalan Tjilik Riwut Km1, Sabtu (24/12/2022). ANTARA/Adi Wibowo

Palangka Raya (ANTARA) - Kapolresta Palangka Raya, Kalimantan Tengah Kombes Pol Budi Santosa mengklaim perayaan hari keagamaan umat Kristiani yakni Natal 25 Desember 2022 berjalan aman dan kondusif.

"Alhamdulillah mas perayaan Natal tahun ini berjalan lancar dan aman tanpa ada gangguan sama sekali," katanya dihubungi  di Palangka Raya, Senin.

Dalam pengamanan Natal tahun ini kepolisian menerjunkan tim gabungan baik dari Polda Kalteng, Polresta Palangka Raya, TNI, pemerintah daerah dan sejumlah organisasi masyarakat (ormas) dengan total personel 500 lebih.

Dari 500 personel yang dilibatkan dalam pengamanan Natal, seluruh personel dibagi untuk menjaga jalannya ibadah umat Kristiani di setiap gereja yang totalnya 197 gereja.

"Kelancaran jalannya Natal tahun ini tentunya berkat kerja sama yang apik antar seluruh stakeholder, sehingga gangguan kamtibmas yang dapat membuat gaduh daerah tidak terjadi," katanya.

Selain itu, sebagian personel Polri juga ada yang dilibatkan dalam melaksanakan patroli ke sejumlah titik rawan terjadinya tindak pidana. Bahkan pada saat melakukan patroli di sejumlah tempat yang dianggap rawan, sama sekali tidak ditemukan terjadinya gangguan.

Bahkan masyarakat di 'Kota Cantik' julukan Palangka Raya juga turut terlibat untuk menjaga keamanan daerah, sehingga gangguan yang selama ini diprediksi bisa terjadi dapat diantisipasi dengan baik.

"Kerukunan antar umat beragama di Palangka Raya sangat tinggi, iklim seperti ini harus dijaga dengan baik hingga ke depannya. Jangan sampai gangguan kamtibmas yang terjadi, malah memecah belah antar sesama masyarakat," ungkapnya.

Pada hari ini puluhan personel jajaran Polresta Palangka Raya juga dilibatkan dalam pengamanan di sejumlah tempat wisata serta tempat-tempat pusat perbelanjaan yang berada di daerah setempat.

Hingga sampai saat ini jalannya pengamanan di setiap wisata yang ada di Kota Palangka Raya, sama sekali berjalan aman dan tidak ada gangguan meskipun anggota kepolisian selalu berjaga-jaga sampai jam operasional tempat wisata tersebut tutup.