Jelang malam pergantian tahun, harga jagung manis mengalami kenaikan

id Jagung manis, jagung tahun baru, pangkalan bun, kobar, kotawaringin barat, malam pergantian tahun

Jelang malam pergantian tahun, harga jagung manis mengalami kenaikan

Penjualan jagung manis di Kota Pangkalan Bun, Sabtu (31/12/2022). (ANTARA/M Husein Asy'ari)

Pangkalan Bun (ANTARA) - Menjelang malam pergantian tahun 2023, harga jagung manis di Kota Pangkalan Bun, Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah melonjak dari harga biasanya. 

"Kalau hari biasa, harga jagung manis di kisaran Rp2.500-Rp3.000 perbijinya dan menghadapi malam tahun baru ini harganya jadi Rp5.000 perbiji," ujar M Amin pedang jagung di sekitaran Kelurahan Madurejo, Sabtu. 

Dijelaskan Amin, ia terpaksa menaikan harga jagung dikarenakan sudah tingginya harga beli di petani dalam menghadapi momen pergantian tahun baru ini. 

"Mungkin karena momen malam tahun baru yang membuat harga beli di petani jagung naik," ujarnya.

Baca juga: Aliran listrik PLN terangi asa masa depan hingga ke pelosok

Walaupun harga yang cukup tinggi, namun penjualan jagung manis dalam beberapa hari ini tidak ada masalah, dan semakin mendekati malam pergantian tahun baru semakin banyak pembelinya. 

"Hari ini saja saya sudah jual sekitar dua karung, sekitar 100 biji jagung mentah, mungkin buat pesta malam tahun baru, seperti buat jagung bakar dan jagung rebus," jelasnya. 

Sementara itu, Laila salah seorang pembeli mengatakan, ia membeli jagung mentah ini untuk acara bakar-bakar dalam perayaan pergantian malam tahun baru di rumah keluarganya. 

"Malam pergantian tahun mau di rumah saja sambil kumpul keluarga, bakar-bakar jagung dan makan-makan bersama," terangnya. 

Pada malam pergantian tahun 2022 ke 2023, Pamkab Kobar sendiri mengadakan beberapa kegiatan yang dipusatkan di Taman Kota Manis Pangkalan Bun, kawasan Bundaran Pancasila, seperti bazar UMKM, hiburan lainnya. 

Baca juga: Kasus tindak kriminal di Palangka Raya selama 2022 alami penurunan