Tingkatkan sosialisasi program, DLHK kukuhkan Saka Kalpataru

id Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Seruyan, DLHK Seruyan, Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah, Seruyan, kalteng, Kepala DLHK Seruyan, Adhian Noor

Tingkatkan sosialisasi program, DLHK kukuhkan Saka Kalpataru

Kepala DLHK Seruyan Adhian Noor saat menyematkan pun kepada anggota Saka Kalpataru di Sungai Bakau, Rabu (4/1/2023). ANTARA/Radianor.

Kuala Pembuang (ANTARA) - Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah, mengukuhkan satuan karya Pramuka Kalpataru sebagai upaya mendukung dan meningkatkan mensosialisasikan berbagai kegiatan yang membidangi dinas terkait.

"Pengukuhan tersebut sesuai arahan Bupati Seruyan yang telah menginisiasi pembentukan Saka Kalpataru. Yang mana kegiatannya terfokus dengan DLHK," kata Kepala DLHK Seruyan Adhian Noor di Kuala Pembuang, Jumat.

Adapun peserta Saka Kalpataru Seruyan sebanyak sebelas orang, yang terdiri dari Pramuka  pelajar dan mahasiswa, semoga peserta saka tersebut bisa terus meningkat dan dapat memberikan nilai dan dampak positif bagi diri sendiri serta masyarakat.

"Kita harap kegiatannya harus benar-benar diprogramkan dan dijalankan agar saka tersebut bisa terus berkembang, kita harap juga bidang teknis di dinas harus aktif dalam kegiatan saka tersebut sehingga bisa terus berjalan," jelasnya.

Berdasarkan informasi juga bahwa Saka Kalpataru  tersebut hanya Seruyan yang telah membentuk di wilayah Kalimantan Tengah,  dengan adanya saka tersebut tentu dapat meningkatkan sosialisi kepada masyarakat terkait dengan lingkungan hidup dan kehutanan.

“Baik itu sosialisi kebersihan lingkungan, kesadaran menjaga lingkungan dan juga melestarikan kehutanan seperti menanam pohon, sehingga dengan begitu masyarakat bisa bersama-sama terlibat dalam hal tersebut," ungkapnya.

Baca juga: Festival Budaya Sepan Biha diharapkan menjadi agenda tahunan

Dia menjelaskan, bahwa dalam kegiatan Saka Kalpataru tersebut dibagi tiga Krida yaitu  Reduce, Reuse, Recycle (3R), kemudian krida perubahan iklim dan terakhir krida konservasi keanekaragaman hayati. Meski begitu, saka tersebut terbilang baru di Bumi Gawi Hantantiring pihaknya terus berupaya agar dapat meningkatkan sumber daya manusia (SDM) Saka Kalpataru misalnya dengan melakukan kunjungan di daerah-daerah yang memiliki satuan karya tersebut.

"Kami meminta bidang teknis agar memprogramkan kunjungan atau silaturahmi ke daerah lain agar SDM saka tersebut bisa meningkat," demikian Adhian.

Baca juga: Festival Sepan Biha bantu pelestarian budaya di Seruyan

Baca juga: RSUD di Seruyan rencananya tiga bangunan berkapasitas 267 tempat tidur

Baca juga: Pemprov Kalteng salurkan 1.000 paket sembako murah di Seruyan

Pewarta :
Uploader : Admin 3
COPYRIGHT © ANTARA 2023