Pemprov Kalteng salurkan 1.000 paket sembako murah di Seruyan

id Pasar penyeimbang, sembako murah, hanau, pembuang hulu, seruyan, Pemprov kalteng, sekda kalteng nuryakin, kalteng, kalimantan tengah

Pemprov Kalteng salurkan 1.000 paket sembako murah di Seruyan

Sekda Kalteng Nuryakin menyerahkan secara simbolis paket sembako murah dalam kegiatan pasar penyeimbang di Pembuang Hulu I, Kecamatan Hanau, Senin, (19/12/2022). (ANTARA/Muhammad Arif Hidayat)

Pembuang Hulu (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah menyalurkan sebanyak 1.000 paket sembako murah untuk masyarakat di Kabupaten Seruyan, tepatnya di Desa Pembuang Hulu I, Kecamatan Hanau.

Sekretaris Daerah Kalimantan Tengah Nuryakin di Pembuang Hulu, Senin, mengatakan, pasar penyeimbang yang pemerintah provinsi laksanakan sebagai salah satu upaya pengendalian inflasi sekaligus menjaga stabilisasi harga jelang Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023.

"Pasar penyeimbang ini sudah kami gelar beberapa kali dan dilakukan di berbagai daerah berbeda di Kalimantan Tengah," terangnya.

Nuryakin menjelaskan, sembako murah yang pemerintah provinsi salurkan senilai Rp150 ribu per paket dan setiap paketnya mendapat subsidi senilai Rp100 ribu, sehingga hanya dijual seharga Rp50 ribu per paket.

"Kami harapkan melalui pasar penyeimbang yang menyediakan sembako murah ini, dapat membantu menjaga daya beli masyarakat," ujarnya.

Baca juga: Pemprov bangun RSUD Kelas B optimalkan layanan kesehatan wilayah barat Kalteng

Adapun paket sembako murah yang disediakan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah ini di antaranya meliputi beras lima kilogram, gula, hingga minyak goreng.

"Kegiatan pasar penyeimbang ini akan kami terus lakukan, yang selanjutnya akan menyasar berbagai daerah di DAS Barito wilayah Kalimantan Tengah," ujarnya.

Lebih lanjut Nuryakin memaparkan, dalam gelaran pasar penyeimbang di Pembuang Hulu ini, juga dilaksanakan gelar pasar tani hingga pengobatan gratis bagi masyarakat.

Sementara itu Bupati Seruyan Yulhaidir menyambut baik kegiatan pasar penyeimbang yang digelar Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah khususnya untuk wilayah Hanau tersebut.

"Kami mengapresiasi kebijakan yang diambil pemerintah provinsi ini dan semoga ini dapat membantu meringankan beban masyarakat," katanya.

Diketahui inflasi (year on year) Kalimantan Tengah dalam beberapa bulan terakhir terkendali dengan baik dan terus menurun, mulai dari September 8,12 persen, kemudian Oktober 7,10 persen, hingga menjadi 6,97 persen pada November.

Baca juga: Mitigasi cegah bencana kebakaran dan asap di Kalteng terus diperkuat