Palangka Raya kembali gelar pasar penyeimbang untuk stabilkan harga

id DPKUKMP Palangka Raya ,Pasar Penyeimbang Palangka Raya,Palangka Raya ,Kalteng,Samsul Rizal

Palangka Raya kembali gelar pasar penyeimbang untuk stabilkan harga

Pasar Penyeimbang yang digelar DPKUKMP Palangka Raya bekerja sama dengan sejumlah instansi lainnya. ANTARA/Dokumentasi pribadi

Palangka Raya (ANTARA) - Dinas Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil, Menengah, dan Perindustrian (DPKUKMP) Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, bersama sejumlah instansi terkait kembali menggelar pasar penyeimbang sebagai upaya menstabilkan harga pangan.

Kepala DPKUKMP Kota Palangka Raya Samsul Rizal di Palangka Raya, Jumat, mengatakan pasar penyeimbang tersebut diadakan di kawasan Pasar Datah Manuah.

"Pasar penyeimbang di kawasan Pasar Datah Manuah dilaksanakan setiap hari Rabu dan Sabtu dari pukul 08.00-12.00 WIB," katanya.

Dia menuturkan untuk komoditas yang dijual di Pasar Penyeimbang tersebut yakni beras SPHP, telur ayam, daging ayam segar, frozen food, minyak goreng, ikan segar, elpiji 3 kg, gula pasir dan lainnya.

Komoditas yang dijual di pasar tersebut juga adalah bahan pangan yang sehari-hari dibeli masyarakat.

"Apalagi menjelang Bulan Suci Ramadhan 1445 Hijriah sejumlah bahan pangan diprediksi mengalami kenaikan di pasar tradisional Palangka Raya, itu disebabkan adanya permintaan cukup tinggi," kata Samsul.

Ia juga menegaskan saat ini pasokan bahan pangan dari daerah lain menjelang Bulan Suci Ramadhan berjalan lancar dan tidak ada hambatan apapun.

Baca juga: UMPR resmikan Kampus 3 jadi pusat pengembangan studi pendidikan

"Alhamdulillah, pasokan bahan pangan kita dari daerah lain lancar, kemudian stok juga aman hingga Hari Raya Idul Fitri nantinya," ungkapnya.

Samsul meminta masyarakat berbelanja di pasar penyeimbang yang dikelola pemerintah setempat.

Selain harganya murah dibandingkan di pasar tradisional, kegiatan tersebut juga membantu daya beli masyarakat tetap stabil sehingga putaran perekonomian tetap berjalan dengan baik.

"Mari berbelanja di pasar penyeimbang yang sudah terjadwal. Pasar tersebut juga menjual sejumlah komoditas pangan dengan harga yang cukup murah dibandingkan di pasar tradisional," tutupnya.

Berdasarkan pantauan di Pasar Besar Palangka Raya, harga sejumlah komoditas seperti bawang merah berada di harga Rp35 ribu per kilogram pada 7 Maret 2024.

Kemudian, harga beras per 5 kilogram tetap berada di harga Rp85 ribu dan tidak ada kenaikan harga jual. Sedangkan, harga cabai rawit merah berada di harga Rp80 ribu.

Untuk harga daging ayam broiler tetap Rp38 ribu per kg dan daging sapi murni juga di harga Rp135 ribu per kilogram.

Baca juga: Pencurian semakin marak di Palangka Raya, polisi tingkatkan jam patroli

Baca juga: Fisipol UMPR-Pemkab Murung Raya kerja sama peningkatan kualitas ASN

Baca juga: Libur Khusus Puasa bagi SMA/SMK/SLB hingga cuti bersama di Kalteng