Fisipol UMPR-Pemkab Murung Raya kerja sama peningkatan kualitas ASN

id Fisipol UMPR-Pemkab Murung Raya kerja sama peningkatan kualitas ASN, kalteng, Palangka raya, umpr, pendidikan

Fisipol UMPR-Pemkab Murung Raya kerja sama peningkatan kualitas ASN

TimĀ Fisipol UMPR bersilaturahmi ke Pemkab Murung Raya membahas kerja sama peningkatan kualitas ASN. ANTARA/HO-Fisipol UMPR

Palangka Raya (ANTARA) - Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya (Fisipol UMPR) dan Pemerintah Kabupaten Gunung Mas (Gumas), Kalimantan Tengah (Kalteng) bekerja sama terkait peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) aparatur pemerintah dan masyarakat setempat.

"Awal pekan lalu kami telah berkomunikasi dengan Pemkab Murung Raya untuk tindak lanjut MoU melalui Perjanjian Kerja Sama (PKS)," kata Dekan Fisipol UMPR Dr Irwani di Palangka Raya, kemarin.

Dia mengungkapkan, pada pertemuan tersebut di lingkungan kantor Bupati Murung Raya itu, tim Fisipol UMPR disambut langsung Penjabat Bupati Mura Hermon beserta jajaran.

"Maksud perjanjian kerja sama ini nantinya adalah sebagai landasan dan pedoman dalam rangka memberikan wadah dan memfasilitasi Pemkab Mura dalam upaya penyelenggaraan pengembangan kompetensi ASN di lingkungan pemkab setempat,” kata Irwani.

Dia mengatakan, diantara poin-poin utama yang dibahas adalah Fisipol UMPR siap memfasilitasi Pemkab Murung Raya dalam upaya peningkatan kualitas SDM aparatur pemerintah melalui proses perkuliahan di fakultas setempat.

Baca juga: Pemkab Barito Utara-UMPR kerja sama peningkatan kompetensi ASN

Kemudian, untuk mempermudah dan sebagai bentuk legalisasi proses perkuliahan bagi aparatur pemerintah yang akan melanjutkan studi, maka instansi yang berwenang di daerah setempat juga diminta menerbitkan surat tugas dan izin belajar bagi yang bersangkutan.

"Kami juga menawarkan pembukaan program Program Studi di Luar Kampus Utama (PKSDU) guna memudahkan aparatur pemerintah setempat dalam melaksanakan proses perkuliahan," kata Irwani.

Harapannya, Pemkab Murung Raya dapat memberikan dukungan atau rekomendasi terhadap rencana mendirikan PSDKU, terutama pada prodi yang sudah terakreditasi A dengan komitmen untuk meningkatkan sumber daya manusia yang ada di kabupaten setempat.

Selain itu, Fisipol juga menyampaikan program studi yang ada di Fisipol UMPR yang dapat menjadi pilihan bagi masyarakat di Kabupaten Murung Raya saat akan melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi.

"Pada silaturahmi ini kami juga menyampaikan bahwa Fisipol UMPR juga melaksanakan program Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL). Kerja sama juga dapat diperluas melalui pelaksanaan penelitian, program praktisi mengajar, dan sebagainya," kata Irwani.

Baca juga: Dirjen Nakes Kemenkes visitasi lapangan pendirian Fakultas Kedokteran UMPR

Baca juga: Fisipol UMPR-Pemkab Gumas kerja sama peningkatan kualitas SDM aparatur

Baca juga: Fisipol UMPR kirim 200 mahasiswa program KKN tematik bina kawasan