Pemkot salurkan beras bersubsidi bantu tekan inflasi di Palangka Raya

id Disperindag,Kota Palangka Raya,Kalteng,DPKUKMP Kota Palangka Raya,Samsul Rizal ,Inflasi ,Pemkot salurkan beras bersubsidi tekan bantu inflasi di Palan

Pemkot  salurkan beras bersubsidi bantu tekan inflasi di Palangka Raya

Warga Kelurahan Pahandut Seberang rela mengantre hanya untuk mendapatkan beras murah yang sudah disubsidi oleh Pemerintah Kota Palangka Raya saat operasi pasar beras murah di gelar di Jalan Trans Kalimantan Palangka Raya-Bukit Rawi, Senin (16/1/2023). ANTARA/Adi Wibowo

Palangka Raya (ANTARA) - Pemerintah Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, melalui Dinas Perdagangan, Koperasi Usaha Kecil Menengah, Perindustrian (DPKUKMP) kota setempat menyalurkan beras siam sebanyak 900 karung, dengan berat  lima kilogram per karung.

Kepala DPKUKMP Kota Palangka Raya Samsul Rizal, Senin, mengatakan kegiatan penyaluran beras siam bersubsidi itu yang dikemas dalam bentuk operasi pasar yang mana per lima kilogram dijual sebesar Rp50.000 untuk warga setempat.

"Sasaran kali ini di Kelurahan Pahandut Seberang dan ada 900 karung per lima kilogram kita sediakan untuk warga. Ini juga upaya pemkot dalam menekan terjadinya inflasi di wilayah Kota Palangka Raya," katanya.

Dia menuturkan, dalam kegiatan operasi pasar beras siam murah ini masyarakat disubsidi sebesar Rp30 ribu. Sebenarnya harga jual beras siam di pasar tradisional yang ada di kota setempat per lima kilogram sebesar Rp80.

Dari kegiatan tersebut, bapak Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin berusaha membantu beban warga dengan berbagai cara salah satunya menyediakan bahan pangan yang disubsidi oleh pemkot.

"Selain membantu meringankan beban masyarakat, kegiatan ini juga upaya-upaya menekan terjadinya inflasi di Kota Palangka Raya," ucapnya.

Samsul Rizal juga menegaskan, dalam kegiatan yang dipusatkan di halaman Masjid Darul Rahman Jalan Trans Kalimantan Palangka Raya-Bukit Rawi itu warga setempat sangat antusias berbelanja.

Bahkan Ketua Rukun Tetangga, Kelurahan Pahandut Seberang dan Bhabinkamtibmas dan Babinsa juga ikut mengamankan jalannya kegiatan yang digagas oleh DPKUKMP Kota Palangka Raya.

"Kami tegaskan kegiatan seperti ini tentunya akan terus kami gencarkan dan tidak hanya di kelurahan ini saja, kelurahan lain juga akan dilaksanakan hal serupa tinggal menunggu waktunya saja," bebernya.

Dari pantauan di lapangan, selain antusias warga yang cukup baik kegiatan tersebut berjalan lancar tanpa ada gangguan apapun. Kemudian warga rela antre hanya untuk mendapatkan beras siam bersubsidi yang disediakan instansi DPKUKMP Kota  Palangka Raya.

Sedangkan di lokasi kegiatan, salah satu warga bernama Yana mengaku sangat senang dengan adanya kegiatan operasi pasar beras murah yang dilakukan dinas terkait.

"Kami berharap hal seperti ini sering dilakukan di kelurahan kami, karena daerah kami jauh dari pasar tradisional," demikian Yana.