Wagub Kalteng dorong UMPR mengoptimalkan peran sebagai pusat unggulan

id Pemprov kalteng, wagub kalteng edy pratowo, pelantikan rektor umpr dr muhammad yusuf, universitas muhammadiyah palangka

Wagub Kalteng dorong UMPR mengoptimalkan peran sebagai pusat unggulan

Wagub Kalteng Edy Pratowo di sela pelantikan Rektor Universitas Muhammadiyah Palangkaraya periode 2023-2027 yakni Dr Muhammad Yusuf, Selasa, (17/1/2023). (ANTARA/Muhammad Arif Hidayat)

Palangka Raya (ANTARA) - Wakil Gubernur Kalimantan Tengah Edy Pratowo mendorong agar Universitas Muhammadiyah Palangkaraya (UMPR) terus meningkatkan dan mengoptimalkan perannya sebagai pusat unggulan atau center of excellent.

"UMPR sebagai salah satu perguruan tinggi memiliki peran penting sebagai pusat unggulan dalam membangun sumber daya manusia yang berkualitas," katanya di Palangka Raya, Selasa.

Hal itu dia sampaikan di sela pelantikan Rektor Universitas Muhammadiyah Palangkaraya periode 2023-2027 yakni Dr Muhammad Yusuf.

Untuk itulah, menurut dia, momentum pelantikan rektor menjadi waktu yang tepat bagi segenap jajaran UMPR meneguhkan visi ke depan, menyatukan gerak langkah, serta terus berbenah diri untuk menjadi sebuah perguruan tinggi yang berkualitas dan memiliki daya saing global.

Edy Pratowo meminta jajaran UMPR mampu melakukan konsolidasi dan komunikasi dengan semua pihak, dalam membangun komitmen yang mampu mengakomodir kepentingan bersama.

Baca juga: Jusuf Kalla pimpin pelantikan Sekda Nuryakin sebagai Ketua PMI Kalteng

"Kemudian bangun tata kelola dan manajemen perguruan tinggi yang sehat, transparan dan akuntabel, karena hal ini menjadi kunci utama untuk menciptakan sumber daya manusia yang unggul," tegasnya.

Dirinya meminta baik UMPR maupun perguruan tinggi lainnya di Kalimantan Tengah agar bersinergi dengan pemerintah daerah dalam membangun sumber daya manusia yang berkualitas unggul serta berdaya saing.

"Semua perguruan tinggi di Kalimantan Tengah harus memperteguh dan merekonstruksi prinsip Tri Dharma Perguruan Tinggi, serta terus mengembangkan diri maupun mengantisipasi tantangan ke depan," terang Edy Pratowo.

Sementara itu Rektor UMPR periode 2023-2027 Dr Muhammad Yusuf mengatakan, ia beserta jajaran akan berupaya bekerja secara optimal memajukan UMPR serta meningkatkan partisipasi UMPR dalam penyiapan generasi penerus berdaya saing dan berkualitas di masa mendatang.

"UMPR ke depan siap hadir dan berkontribusi dalam pembangunan, sekaligus menjadi ataupun menyiapkan solusi dalam setiap tantangan yang dihadapi ke depannya," jelasnya.

Baca juga: Disbun Kalteng gandeng IPB maksimalkan potensi sektor perkebunan

Baca juga: Pemprov Kalteng berhasil raih predikat 'Sehat' dari Kemenpan-RB

Baca juga: Berhasil kendalikan inflasi, Pemprov Sulbar terima hadiah Rp40 miliar