Pemkab hibahkan kendaraan tahanan bantu kinerja Kejari Gumas

id Pemkab hibahkan kendaraan tahanan bantu kinerja Kejari Gumas, kalteng, gumas, gunung mas, jaya s monong

Pemkab hibahkan kendaraan tahanan bantu kinerja Kejari Gumas

Bupati Gunung Mas, Jaya S Monong mendampingi Kajati Kalteng, Pathor Rahman menyerahkan secara simbolis satu unit kendaraan tahanan kepada Kajari Sahroni, di Kuala Kurun, Rabu (22/2/2023). ANTARA/Chandra

Kuala Kurun (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah, memberikan hibah berupa satu unit kendaraan tahanan kepada Kejaksaan Negeri (Kejari) setempat, guna membantu kinerja lembaga tersebut.

“Melalui bantuan ini kiranya bisa membantu kinerja Kejari Gunung Mas dalam membangun daerah, agar lebih baik dari segi hukum,” ucap Bupati Gunung Mas, Jaya S Monong saat menyerahkan hibah secara simbolis di Kuala Kurun, Rabu.

Hibah satu unit kendaraan tahanan tersebut diserahkan kepada Kajati Kalteng, Pathor Rahman. Kemudian Kajati Kalteng menyerahkan lagi  hibah tersebut secara simbolis kepada Kajari Gunung Mas, Sahroni.

Lebih lanjut, Jaya menyampaikan harapannya agar ke depan sinergi yang selama ini telah terjalin dengan baik antara Pemkab, Kejari Gunung Mas dan Kejati Kalteng, dapat tetap terjaga.

Dia berharap aparat kejaksaan dapat memberi pendapat maupun pendampingan hukum kepada Pemkab Gunung Mas, khususnya dalam hal penerapan berbagai regulasi, sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Dengan demikian maka diharap berbagai program pembangunan di kabupaten bermoto ‘Habangkalan Penyang Karuhei Tatau’ dapat berjalan dengan baik, demi kemajuan daerah dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Baca juga: Kajati Kalteng resmikan rumah Keadilan Restoratif di Gumas

Sementara itu, Kajati Kalteng, Pathor Rahman menyampaikan ucapan terima kasih kepada pemkab, atas hibah berupa satu unit mobil tahanan yang diberikan kepada Kejari Gunung Mas.

“Bantuan tersebut sangat bermanfaat untuk membantu tugas dan fungsi penegakan hukum Kejari Gunung Mas, khususnya bidang pidana umum dan pidana khusus, dalam membawa tahanan ke rumah tahanan dan pengadilan,” kata dia.

Kajati Kalteng berkomitmen untuk meningkatkan sinergi dengan Pemkab Gunung Mas, dengan melibatkan instrumen Perdata dan Tata Usaha Negara, serta Intelijen, dalam memberikan pendapat hukum dan pendampingan hukum, sesuai arah kebijakan pembangunan daerah.

Selain itu kejaksaan juga memberi penyuluhan terkait penggunaan dana desa, melalui program Jaga Desa.

Untuk diketahui, Kajati Kalteng didampingi Ketua Ikatan Adhyaksa Dharmakarini Wilayah Kalteng, Tyas Pathor Rahman beserta sejumlah pejabat di lingkup Kejati Kalteng melakukan kunjungan kerja ke wilayah hukum Kejari Gunung Mas.

Kunjungan kerja ini dimaksudkan untuk melihat kondisi sarana dan prasarana kantor serta kondisi pegawai. Selain itu juga untuk mengetahui capaian kinerja di masing-masing bidang, kendala atau hambatan yang dihadapi dalam mencapai target kinerja yang diharapkan, serta langkah-langkah mengatasi kendala tersebut.

Baca juga: Wabup Gunung Mas berharap coklit hasilkan data akurat

Baca juga: Tekan stunting, Wabup Gumas berharap media massa bantu edukasi masyarakat

Baca juga: Polisi dalami video viral perkelahian warga di wilayah Desa Pematang Limau