Polda Kalteng tingkatkan kemampuan penyidik terkait tindak pidana karhutla

id Karhutla ,Palangka Raya',Kalteng,Wakapodla Kalteng Brigjen Pol Mohamad Agung Budijono,Polda Kalteng tingkatkan kemampuan penyidik terkait tindak pidan

Polda Kalteng tingkatkan kemampuan penyidik terkait tindak pidana karhutla

Wakapolda Kalteng Brigjen Pol Mohamad Agung Budijono membuka kegiatan pelatihan atau coaching clinic penegakan hukum tindak pidana karhutla di Palangka Raya, Selasa (28/2/2023). ANTARA/HO-Humas Polda Kalteng  

Palangka Raya (ANTARA) - Polda Kalimantan Tengah menggelar pelatihan peningkatan kemampuan penyidik maupun penyidik pembantu dalam upaya penegakan hukum tindak pidana kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang dilaksanakan di mapolda setempat.
   
Wakapolda Kalteng Brigjen Pol Mohamad Agung Budijono di Palangka Raya, Selasa mengatakan pelatihan penyidik terkait penegakan hukum karhutla tersebut dihadiri seluruh Kepala Satuan Reserse Kriminal (Kasat Reskrim) di Polres jajaran.

"Kegiatan ini merupakan salah satu upaya Polda Kalteng dan Polres jajaran dalam menghadapi penanganan potensi peristiwa kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di 2023 pada sisi penegakan hukum," katanya.

Dia menuturkan, mari satukan visi dan misi serta kemauan yang kuat mengambil tanggung jawab dalam penanggulangan dan penanganan terjadinya bencana karhutla di provinsi setempat untuk mewujudkan Kalteng bebas asap.

"Kalau hal tersebut terwujud, tentunya Kalteng aman dari berbagai hal gangguan kamtibmas serta lain sebagainya terutama persoalan karhutla," ucapnya.

Sementara itu, Kabid Humas Kombes Pol Kismanto Eko Saputro mengungkapkan bahwa pelatihan tersebut juga bertujuan untuk mengefektifkan upaya penegakan hukum pidana terhadap perbuatan melanggar hukum yang terkait karhutla.

Baca juga: Polda Kalteng sosialisasikan rekrutmen Polri ke ratusan pelajar

"Selain itu juga untuk peningkatan siaga karhutla, sehingga dapat terus optimal dalam mencegah dan menanggulangi terjadinya karhutla terkhusus di provinsi kita," bebernya.

Eko juga mengajak agar seluruh peserta yang hadir tentunya dapat melaksanakan tugasnya di lapangan dengan serius, penuh tanggung jawab sehingga dapat dirasakan manfaatnya dengan indikator penegakan hukum karhutla dapat dilakukan secara maksimal guna terciptanya provinsi yang memiliki luas dua kali dari pulau jawa itu bebas dari asap.

"Harapan saya ilmu yang telah didapatkan dari kegiatan tersebut para peserta(kasat reskrim) di Polres jajaran bisa melaksanakannya, sehingga nantinya bermanfaat bagi masyarakat di Kalteng," tutup Perwira Polri berpangkat melati tiga itu.

 Baca juga: Ditlantas Polda Kalteng raih penghargaan IKPA terbaik dari Kemenkeu

Baca juga: Polisi diduga bekingi peredaran narkoba ditahan

Baca juga: Empat satker Polda Kalteng raih penghargaan dari Kemenpan-RB