Diskominfosantik Kalteng terbaik tiga nasional Anugerah Media Center

id Pemprov kalteng, diskominfosantik kalteng, kominfo, mmc, media center, agus siswadi, anugerah media center, kalteng, kalimantan tengah

Diskominfosantik Kalteng terbaik tiga nasional Anugerah Media Center

Diskominfosantik Kalimantan Tengah meraih Anugerah Media Center Provinsi Terbaik kontribusi berita peringkat tiga pada Anugerah Media Center Daerah 2023 yang digelar di The Margo Hotel Depok, Jawa Barat, Selasa (28/2) malam. (ANTARA/HO-Diskominfosantik Kalteng)

Palangka Raya (ANTARA) - Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik (Diskominfosantik) Provinsi Kalimantan Tengah berhasil meraih Anugerah Media Center Provinsi Terbaik kontribusi berita peringkat tiga pada Anugerah Media Center Daerah 2023 yang digelar di The Margo Hotel Depok, Jawa Barat, Selasa (28/2) malam.

Kepala Diskominfosantik Kalimantan Tengah Agus Siswadi dalam keterangan yang diterima di Palangka Raya, Rabu, mengatakan, pihaknya selaku dinas penyampai ragam informasi pemerintah agar, seluruh informasi yang tersampaikan kepada masyarakat dapat diterima dengan seimbang.

"Bagi kami yang utama bagaimana membangun Indonesia dari daerah, rekan-rekan hari ini bisa lihat di Jakarta, nasional, bagaimana bisa melihat daerah seutuhnya," terangnya.

Anugerah Media Center merupakan penghargaan yang diberikan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) kepada pemerintah daerah yang berkontribusi aktif mendiseminasikan informasi publik, baik terkait program kerja, kegiatan pemerintah serta informasi lainnya yang bersifat mengedukasi dan penyuluhan.

Tujuannya digelarnya kegiatan ini sebagai apresiasi kepada Media Center daerah, menguatkan kerja sama, jaringan komunikasi dan memotivasi daerah lain supaya bisa bergabung untuk mendirikan Media Center, serta menjalin pertukaran konten bersama Kominfo.

Baca juga: Legislator Kalteng minta pemprov sediakan fasilitas praktik di SMK Maritim Kapuas

Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik, Kemenkominfo Usman Kansong saat menjadi pembicara utama dalam kegiatan mengatakan, peran humas dalam hal ini yang diemban Media Center daerah akan menjadi sangat penting.

Hal itu dikarenakan Media Center daerah menjadi garda terdepan penyampai informasi kepada masyarakat dengan informasi yang cerdas, mendidik, mencerahkan serta membuat masyarakat lebih baik lagi dalam menyikapi berbagai isu.

"Setiap komunikasi yang dilakukan terdapat tiga tujuan, yaitu menambah pengetahuan, menghadirkan sikap positif masyarakat terhadap agenda atau pemerintah, serta perilaku partisipasi,"tutur Usman.

Penilaian Anugerah Media Center dilakukan berdasarkan sistem Portal Berita Info Publik. Ke depan Kemenkominfo sedang menginisiasi penilaian melalui situs Indonesiakini.go.id. 

Adapun Anugerah Media Center Provinsi Terbaik Kontribusi Berita, untuk peringkat pertama diraih Diskominfo Provinsi Jawa Timur dan peringkat kedua diraih oleh Diskominfo dan Statistik Riau.

Baca juga: Wagub Kalteng ajak UMKM manfaatkan KI pacu pemulihan ekonomi