Anggota DPR RI ajak masyarakat jaga kerukunan umat beragama di Kalteng

id DPR RI ,Palangka Raya,Kalteng,Dapil Kalteng,Agustiar Sabran,Antar Rumat Beragama

Anggota DPR RI ajak masyarakat jaga kerukunan umat beragama di Kalteng

Anggota DPR RI dapil Kalteng Agustiar Sabran. ANTARA/Adi Wibowo

Palangka Raya (ANTARA) - Anggota DPR RI daerah pemilihan (dapil) Kalimantan Tengah Agustiar Sabran mengajak masyarakat yang bermukim di provinsi setempat untuk terus menjaga kerukunan antar umat beragama.

"Kerukunan umat beragama di Kalteng saya menilai sangat baik, bahkan toleransinya juga sama. Maka dari itu mari kita pelihara hal-hal baik seperti ini sehingga dampak positif untuk daerah akan kita dapatkan, perputaran ekonomi berjalan lancar," kata Agustiar Sabran di Palangka Raya, Kamis.

Kakak kandung dari Gubernur Kalteng Sugianto Sabran itu menuturkan, masyarakat setempat juga diimbau selain menjaga kerukunan antarumat beragama juga menjaga keamanan dan ketertiban daerah.

Apalagi menjelang tahun politik, masyarakat jangan mudah diadu domba dengan berbagai isu serta hal-hal yang berasal dari luar. Meskipun terjadi perbedaan pemandangan atau dukungan dalam suatu pemilihan, tentunya jangan sampai saling menjatuhkan.

"Berbeda pilihan itu biasa saja, jangan sampai karena berbeda pilihan serta suku ras dan agama, malah mudah diadu domba sehingga kamtibmas di daerah setempat menjadi terganggu," ucapnya.

Baca juga: Kalteng Putra dukung Erick Thohir jadi Ketum PSSI

Agustiar Sabran yang juga menjabat sebagai Ketua Dewan Adat Dayak (DAD) Kalteng juga menegaskan, apabila ada oknum-oknum yang ingin merusak keamanan serta toleransi antarumat beragama di Kalteng tentunya segera ditindak tegas. Sebab, bila tidak ditindak tegas, tentunya oknum tersebut dapat memecah belah antar sesama padahal kamtibmas di provinsi yang memiliki luas dua kali dari Pulau Jawa itu selalu aman dan kondusif.

"Masyarakat Kalteng sangat cerdas dalam memilah mana yang tidak baik mana yang baik. Bahkan masyarakat kita tidak mudah diadu domba oleh oknum-oknum yang memiliki kepentingan pribadi," beber Agustiar Sabran.

Berdasarkan pantauan di lapangan, kondusifitas Provinsi Kalimantan Tengah yang banyak memiliki hasil kekayaan alamnya tersebut aman dan tidak ada gangguan keamanan yang menonjol.

Bahkan aktivitas warga setempat menjelang Ramadhan 1444 Hijriah terlihat berjalan aman dan lancar sesuai yang diinginkan.

Baca juga: Hipmi Kalteng akan reshuffle kepengurusan

Baca juga: Agustiar Sabran apresiasi pencapaian Muhammadiyah dalam pengembangan SDM di Kalteng

Baca juga: Anggota Komisi III DPR RI ajak masyarakat berkolaborasi cegah karhutla