DPRD Seruyan gelar RDP bersama Disdik lanjuti laporan masyarakat

id Ketua DPRD Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah, Zuli Eko Prasetyo, Kabupaten Seruyan, seruyan, kalteng, dprd seruyan

DPRD Seruyan gelar RDP bersama Disdik lanjuti laporan masyarakat

Ketua DPRD Seruyan Zuli Eko Prasetyo saat memimpin rapat dengar pendapat (RDP) bersama dinas Pendidikan Seruyan di Kuala Pembuang, (13/3/2023). ANTARA/Dokumentasi Pribadi.

Kuala Pembuang (ANTARA) - Ketua DPRD Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah, Zuli Eko Prasetyo membenarkan bahwa pihaknya menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Dinas Pendidikan (Disdik) setempat, sebagai upaya menindaklanjuti berbagai permasalahan pendidikan yang menjadi keluhan masyarakat.

"Saat kita melaksanakan reses hampir di setiap kecamatan, permasalahan pendidikan menjadi usulan yang diprioritaskan oleh masyarakat, sehingga hal tersebut perlu pihaknya lakukan RDP agar bisa mengetahui langsung," kata Zuli Eko di Kuala Pembuang, Senin.

Dikatakan, dengan adanya RDP ini pihaknya bisa mengetahui langsung dari jawaban Disdik Seruyan dan pastinya jika permasalahannya sudah diketahui, untuk mengatasi dan mencegahnya juga bisa lebih mudah, sehingga dapat meningkatkan kualitas pendidikan di Seruyan.

"RDP ini juga sebagai tindak lanjut kami karena masyarakat menyampaikan keluhan kepada pihaknya, sehingga sudah menjadi kewajiban kami untuk menindak lanjuti hal tersebut," beber dia. 

Disampaikannya, banyak laporan masyarakat kepada pihaknya terkait masalah pendidikan dari kurangnya tenaga pendidik, fasilitas ruang kelas, sampai dengan kinerja tenaga pendidik yang kurang disiplin dalam menjalankan tugasnya, hal tersebut harus segera ditindaklanjuti oleh Disdik,

"Banyak laporan dari masyarakat, terkait dengan masalah pendidikan sehingga hal tersebut harus segera ditindak lanjuti," jelasnya.

Baca juga: Tingkatkan perekonomian, Waket DPRD Seruyan minta jumlah industri ditambah

Menurut Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) itu, masalah pendidikan ini  merupakan hal yang serius, pasalnya pendidikan merupakan kebutuhan wajib dasar untuk masyarakat.

Terlebih lagi, anggaran yang dikeluarkan juga cukup besar yaitu sebanyak 20 persen dari jumlah Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Seruyan, maka dari itu agar bisa dimaksimalkan dengan baik, hal tersebut untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Bumi Gawi Hantantiring ini.

"Tentunya, hari ini kita melaksanakan RDP bersama Disdik, kita sepakat bahwa persoalan pendidikan merupakan tanggung jawab kita bersama. Pendidikan merupakan hal penting bagi masyarakat terutama bagi generasi muda dan kemajuan Seruyan kedepan," demikian Zuli Eko.

Baca juga: DPRD Seruyan minta PDAM tambah kapasitas IPA

Baca juga: DPRD Seruyan: Sejumlah BUMDes keluhkan masalah permodalan

Baca juga: Pemkab Seruyan canangkan pembentukan BUMD penampung beras petani