DPRD Seruyan minta PDAM tambah kapasitas IPA

id Dprd seruyan, argiansyah, pdam kuala pembuang tingkatkan kapasitas ipa, instalasi pengolahan air, air bersih seruyan, tanjung paring, seruyan, kuala p

DPRD Seruyan minta PDAM tambah kapasitas IPA

Anggota DPRD Seruyan Argiansyah. (ANTARA/HO-Publikasi DPRD Seruyan)

Kuala Pembuang (ANTARA) - Anggota DPRD Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah Argiansyah meminta Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kuala Pembuang bisa menambah kapasitas instalasi pengolahan air (IPA) sehingga dapat mencukupi kebutuhan masyarakat.

“Penambahan tersebut untuk meningkatkan pelayanan kita kepada masyarakat khususnya untuk kebutuhan air minum, sehingga masyarakat bisa dapat dengan mudah merasakan manfaatnya,” kata Argiansyah di Kuala Pembuang, Rabu.

Dia mengatakan, penambahan kapasitas tersebut sangat penting dilakukan karena PDAM Kuala Pembuang hanya mempunyai kapasitas 45 liter per detik, sehingga untuk mengoperasikan intake building di Tanjung Paring perlu penambahan kapasitas agar tidak over kapasitas.

“Jadi, kapasitas yang tersedia di PDAM 45 liter per detik sedangkan yang di Tanjung Paring itu 100 liter per detik, maka harus menambah 55 liter per detiknya,” jelasnya.

Baca juga: DPRD Seruyan: Sejumlah BUMDes keluhkan masalah permodalan

Pria yang pernah menjabat Direktur PDAM Kuala Pembuang itu juga menyampaikan, pengusulan tersebut bisa dilakukan melalui pemerintah provinsi ke pusat, sehingga kebutuhan air minum juga bisa terpenuhi dengan baik.

Selain itu, faktor penunjang juga perlu diperhatikan, seperti ketersediaan jaringan listrik pada intake building Tanjung Paring, sebab jika ingin mengoperasikannya pasti memerlukan listrik.

“Jaringan listriknya juga harus diperhatikan, kalau menggunakan mesin generator listrik tentu biaya operasionalnya sangat besar, sehingga perlu ada upaya dan sinergi yang baik dari semua pihak untuk mewujudkan hal tersebut,” ujarnya.

Dia menambahkan, pihaknya siap mendukung dan mengawal proses pengusulan serta penambahan kapasitas tersebut, karena ini sangat penting dan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Tak hanya untuk kebutuhan rumah tangga saja, tetapi tempat-tempat industri juga sangat memerlukan hal tersebut.

“Kita sudah berkomitmen untuk terus berupaya memberikan kesejahteraan bagi masyarakat, salah satunya dengan meningkatkan pelayanan air bersih di Seruyan,” demikian Argiansyah.

Baca juga: Pemkab Seruyan canangkan pembentukan BUMD penampung beras petani

 

Baca juga: DPRD Seruyan minta Diskoperindag tingkatkan pengawasan dan pembinaan koperasi

 

Baca juga: Seruyan perbaiki pustu di empat desa optimalkan pelayanan kesehatan