Puteri Indonesia Kalteng berpartisipasi menggerakkan literasi melalui perpustakaan

id Puteri indonesia kalteng, adelina veronica, gerakan literasi nasional, salam literasi, pemberdayaan perpustakaan, disperpusip kalteng, perpustakaan, k

Puteri Indonesia Kalteng berpartisipasi menggerakkan literasi melalui perpustakaan

Puteri Indonesia perwakilan Kalimantan Tengah 2023 Adelina Veronica berbincang bersama Kepala Disperpusip Kalimantan Tengah Nunu Andriani di Palangka Raya, (5/4/2023). (ANTARA/Muhammad Arif Hidayat)

Palangka Raya (ANTARA) - Puteri Indonesia perwakilan Kalimantan Tengah 2023 Adelina Veronica turut mendukung suksesnya Gerakan Literasi Nasional yang salah satunya diwujudkan dengan upaya menggerakkan literasi melalui perpustakaan.

Pemberdayaan perpustakaan sangatlah penting sebagai salah satu basis utama pendidikan yang memberi dukungan kepada para pelajar atau peserta didik agar semakin berkembang, kata Adelina Veronica di Palangka Raya, Kamis.

"Melalui pemberdayaan perpustakaan secara optimal, kami harapkan minat baca masyarakat khususnya generasi muda kian meningkat," tuturnya.

Apalagi perpustakaan terdapat di berbagai daerah, mulai dari perkotaan hingga perdesaan, sehingga perpustakaan memiliki peran strategis dalam menggerakkan literasi di tengah masyarakat.

Salah satu implementasi dari dukungannya tersebut, Adelina Veronica juga telah berkunjung ke perpustakaan daerah pada Dinas Perpustakaan dan Arsip (Disperpusip) Kalimantan Tengah dan berbincang bersama Kepala Disperpusip Nunu Andriani.

"Saya mendorong masyarakat untuk bisa mengoptimalkan keberadaan perpustakaan ini. Saya siap menyuarakan sekaligus mengajak masyarakat agar lebih semangat dalam membaca maupun mengunjungi perpustakaan," tuturnya.

Baca juga: Gebyar Ramadhan Berkah sarana memperkuat kecintaan Al Quran di Kalteng

Sementara itu, Kepala Disperpusip Kalimantan Tengah Nunu Andriani menyambut baik kedatangan Puteri Indonesia perwakilan Kalimantan Tengah 2023 Adelina Veronica ke perpustakaan tersebut.

"Kedatangan Puteri Indonesia ke perpustakaan ini kami sangat mengapresiasi. Ini juga dapat menjadi contoh yang bagus bagi generasi muda agar lebih semangat lagi dalam berkunjung ke perpustakaan, baik untuk membaca buku maupun melakukan kegiatan positif lainnya," jelasnya.

Sebab dengan membaca, banyak hal yang bisa didapat, salah satunya berbagai ilmu pengetahuan pada berbagai bidang yang kemudian dapat diaktualisasikan dalam kehidupan nyata, sehingga memberikan dampak positif termasuk dalam hal peningkatan perekonomian.

Baca juga: Jeanny Yola Winokan resmi dikukuhkan menjadi Kepala Perwakilan BKKBN Kalteng