Pemkot Palangka Raya ingatkan warga teliti saat membeli bingkisan Lebaran

id DPKUKMP Kota Palangka Raya,Parsel,Palangka Raya ,Kalteng,Ramadhan ,Samsul Rizal

Pemkot Palangka Raya ingatkan warga teliti saat membeli bingkisan Lebaran

Kepala DPKUKMP Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah Samsul Rizal. ANTARA/Adi Wibowo

Palangka Raya (ANTARA) - Pemerintah Kota Palangka Raya, Kalimantan tengah melalui Dinas Perdagangan Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perindustrian (DPKUKMP) mengingatkan warga agar teliti dalam membeli bingkisan atau parsel Lebaran 1444 Hijriah.

Kepala DPKUKMP Kota Palangka Raya Samsul Rizal di Palangka Raya, Sabtu, mengatakan masyarakat jangan asal beli parsel begitu saja, tetapi dicek terlebih dahulu isi parsel agar tidak mendapat barang yang sudah kedaluwarsa di dalamnya.

"Ketelitian yang dimaksud agar parsel yang diberi oleh masyarakat isinya baik dan semua barang di dalamnya tidak kedaluwarsa, sehingga dapat dikonsumsi apabila dibuka," katanya.

Samsul Rizal menuturkan, selain mengingatkan para konsumen, pihaknya juga meminta para produsen atau pedagang ketika mengemas parsel Lebaran jangan sampai mengisi dengan barang-barang yang dekat dengan masa kedaluwarsa atau rusak kemasannya.

Jangan sampai hanya untuk menghabiskan barang yang tersisa, maka isi parsel dimasukan barang-barang rusak atau tidak layak konsumsi. Hal tersebut tentunya membahayakan konsumen.

"Dalam waktu dekat nanti tim yang dibentuk akan melakukan pengawasan terhadap swalayan, mini market serta toko-toko penjual parsel guna dilakukan pengecekan untuk menghindari adanya parsel kedaluwarsa dijual ke masyarakat," ucapnya.

Pria yang sebelumnya menjabat sebagai Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Palangka Raya itu juga menambahkan, apabila nantinya dalam pengawasan ditemukan barang-barang rusak atau kedaluwarsa, maka tim akan menarik barang tersebut dan memusnahkannya.

"Semoga saja dalam pengawasan yang kami lakukan nanti, tidak ada swalayan, mini market dan toko-toko menjual parsel maupun barang makanan yang sudah rusak kemasannya atau kedaluwarsa," harapnya.

Baca juga: Polresta Palangka Raya terjunkan ratusan personel amankan Paskah 2023

Baca juga: Jadi DPO, BNNP siap bantu Kejati Kalteng kejar bandar sabu Saleh